Pekerjaan sebagai instruktur pendidikan inklusi melibatkan mengajar dan membimbing anak-anak dengan berbagai kebutuhan khusus dalam setting pendidikan inklusif.
Tugas utama meliputi merancang dan melaksanakan kurikulum yang mendukung perkembangan individual anak dengan kebutuhan khusus, serta memberikan penilaian dan umpan balik kepada anak-anak dan orang tua.
Selain itu, pekerjaan ini juga melibatkan kerjasama dengan tim multidisiplin, seperti psikolog, terapis, dan guru reguler, untuk menciptakan lingkungan belajar yang inklusif dan mendukung bagi semua anak.
Profil orang yang cocok untuk tipe pekerjaan Instruktur Pendidikan Inklusi adalah seseorang yang memiliki pemahaman mendalam tentang penanganan kebutuhan khusus dan strategi pengajaran yang inklusif, serta memiliki kemampuan komunikasi yang baik dengan siswa berkebutuhan khusus dan rekan kerja.
Sebagai instruktur, mereka juga harus memiliki empati yang tinggi, kemauan untuk belajar terus-menerus, dan dedikasi yang tinggi dalam membantu siswa berkebutuhan khusus mencapai potensi penuh mereka.
Jika kamu tidak memiliki kesabaran dan empati yang tinggi, kemungkinan kamu tidak cocok sebagai instruktur pendidikan inklusi.
Miskonsepsi tentang instruktur pendidikan inklusi adalah bahwa tugas mereka hanya mengajar anak-anak dengan kebutuhan khusus, padahal sebenarnya mereka juga harus mendukung dan melibatkan anak-anak tanpa kebutuhan khusus dalam pembelajaran inklusif.
Ekspektasi yang sering salah adalah instruktur pendidikan inklusi dapat membuat semua anak memiliki kemampuan yang sama, padahal kenyataannya setiap anak memiliki kebutuhan dan perkembangan yang berbeda.
Perbedaan utama dengan profesi sejenis seperti guru biasa adalah instruktur pendidikan inklusi lebih fokus pada pembelajaran yang inklusif dan menciptakan lingkungan yang mendukung bagi semua anak, termasuk anak dengan kebutuhan khusus.