Sebagai pengajar bimbingan dan konseling inklusi, tugas utama saya adalah membantu siswa dengan kebutuhan khusus agar mereka dapat mengikuti pelajaran dan aktif di sekolah.
Saya akan memberikan dukungan emosional dan sosial kepada siswa, serta membantu mereka mengatasi hambatan belajar.
Selain itu, saya juga akan berkolaborasi dengan guru dan staf sekolah untuk mengembangkan strategi pembelajaran yang inklusif dan mendukung perkembangan siswa dengan kebutuhan khusus.
Profil orang yang cocok untuk tipe pekerjaan Pengajar bimbingan dan konseling inklusi adalah seseorang yang memiliki pemahaman yang mendalam tentang kebutuhan pendidikan inklusif, memiliki empati dan kepekaan terhadap keberagaman siswa, serta memiliki keterampilan komunikasi dan kepemimpinan yang baik.
Jika kamu tidak memiliki empati dan kesabaran yang tinggi dalam bekerja dengan anak-anak dengan kebutuhan khusus serta tidak memiliki kemampuan komunikasi yang baik, kemungkinan kamu tidak cocok dengan pekerjaan ini.
Miskonsepsi tentang pengajar bimbingan dan konseling inklusi adalah bahwa mereka hanya memfasilitasi keikutsertaan siswa dengan kebutuhan khusus dalam lingkungan sekolah tanpa memperhatikan kebutuhan individual mereka.
Ekspektasi yang salah adalah mengira bahwa pengajar bimbingan dan konseling inklusi akan "memperbaiki" siswa dengan kebutuhan khusus, padahal pekerjaan mereka lebih fokus pada memberikan dukungan dan sumber daya yang diperlukan agar siswa dapat berkembang secara optimal.
Perbedaan dengan profesi mirip seperti guru inklusi adalah bahwa pengajar bimbingan dan konseling inklusi lebih berfokus pada aspek emosional, sosial, dan psikologis siswa, sementara guru inklusi lebih fokus pada penyediaan aksesibilitas materi pelajaran dan penyesuaian pembelajaran.