Sebagai Koordinator Inklusi, tugasnya adalah mengelola program inklusi untuk memastikan partisipasi penuh dan setara bagi semua individu dalam masyarakat.
Tanggung jawabnya meliputi perencanaan dan pelaksanaan kegiatan inklusi, seperti pelatihan dan advokasi, serta pengawasan terhadap kemajuan yang dicapai dalam upaya inklusi.
Selain itu, Koordinator Inklusi juga berperan dalam membangun kemitraan dengan organisasi dan lembaga terkait untuk meningkatkan kesadaran dan memperluas jaringan inklusi.
Profil orang yang cocok sebagai Koordinator Inklusi adalah orang yang memiliki pemahaman yang mendalam tentang kebutuhan individu dengan keberagaman, memiliki keterampilan dalam merancang program inklusi yang efektif, serta memiliki kemampuan yang kuat dalam memfasilitasi kolaborasi antar institusi.
Sebagai pemimpin inklusi yang baik, seorang Koordinator Inklusi juga harus memiliki kemampuan diplomasi yang tinggi, mampu menghadapi tantangan yang kompleks, dan memiliki komitmen yang kuat untuk memastikan bahwa setiap individu dijadikan bagian dari komunitas yang inklusif.
Jika kamu tidak memiliki kepekaan terhadap kebutuhan dan kepentingan orang-orang dengan beragam latar belakang dan tidak mampu bekerja dalam tim dengan baik, kemungkinan kamu tidak cocok dengan pekerjaan sebagai koordinator inklusi ini.
Miskonsepsi tentang profesi Koordinator Inklusi adalah bahwa mereka hanya bertanggung jawab untuk menyediakan aksesibilitas fisik, padahal sebenarnya tugas mereka meliputi mendukung kesetaraan dan keadilan bagi individu dengan berbagai kebutuhan.
Ekspektasi yang salah tentang profesi Koordinator Inklusi adalah bahwa mereka akan dapat menyelesaikan semua masalah inklusi secara instan, sementara kenyataannya proses inklusi adalah langkah yang berkelanjutan dan kompleks.
Perbedaan antara profesi Koordinator Inklusi dengan profesi yang mirip seperti Guru Pendamping adalah Koordinator Inklusi bertanggung jawab pada tingkat sistemik, mengoordinasikan program inklusi di sebuah lembaga atau organisasi, sementara Guru Pendamping berfokus pada pendampingan individu dalam konteks pendidikan.