Kepala Bagian Pemasaran Dan Promosi Pariwisata

  Profil Profesi

Pekerjaan sebagai Kepala Bagian Pemasaran dan Promosi Pariwisata melibatkan pengembangan strategi pemasaran dan promosi untuk meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan.

Tugas utama meliputi merencanakan dan melaksanakan kampanye pemasaran, seperti iklan, promosi melalui media sosial, dan kerjasama dengan mitra pariwisata.

Selain itu, pekerjaan ini juga membutuhkan analisis pasar dan perkembangan tren pariwisata, serta menjalin kerjasama dengan stakeholder, seperti hotel, restoran, dan agen perjalanan, untuk meningkatkan daya tarik destinasi pariwisata.

Apa saya cocok bekerja sebagai Kepala Bagian Pemasaran dan Promosi Pariwisata?

Profil orang yang cocok untuk tipe pekerjaan Kepala Bagian Pemasaran dan Promosi Pariwisata adalah seorang yang kreatif, memiliki kemampuan analisis yang baik, dan memiliki jaringan luas di industri pariwisata.

Dalam posisi ini, seseorang perlu memiliki kepemimpinan yang kuat, kemampuan berkomunikasi yang baik, dan kemampuan untuk bekerja dalam tim dengan berbagai departemen terkait.

Jika kamu tidak memiliki kreativitas yang tinggi, kurang memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik, dan tidak mampu berpikir strategis, kamu tidak cocok untuk menjadi Kepala Bagian Pemasaran dan Promosi Pariwisata.

Konsep, ekspektasi dan realita

Miskonsepsi tentang profesi Kepala Bagian Pemasaran dan Promosi Pariwisata adalah bahwa pekerjaannya hanya berkaitan dengan perjalanan dan liburan. Padahal, tugasnya melibatkan juga pengembangan strategi, analisis pasar, dan kerja sama dengan berbagai pihak terkait untuk meningkatkan kunjungan wisata.

Ekspektasi yang salah tentang profesi Kepala Bagian Pemasaran dan Promosi Pariwisata adalah bahwa pekerjaannya hanya bersifat glamour dan hanya fokus pada promosi atraksi wisata. Realitanya, pekerjaan ini juga melibatkan menjalankan kampanye pemasaran online, bekerja dengan anggaran yang terbatas, serta menghadapi tantangan mendapatkan perhatian wisatawan di tengah persaingan global.

Perbedaan dengan profesi yang mirip, seperti Travel Agent, adalah bahwa Kepala Bagian Pemasaran dan Promosi Pariwisata lebih berkonsentrasi pada segmen pemasaran dan promosi, sementara Travel Agent lebih fokus pada pengaturan dan penjualan paket perjalanan. Selain itu, Kepala Bagian Pemasaran dan Promosi Pariwisata juga terlibat dalam perencanaan dan pengembangan strategi jangka panjang untuk meningkatkan pariwisata suatu daerah, sedangkan Travel Agent lebih berperan dalam melayani kebutuhan individu atau kelompok dalam perjalanan mereka.

Jurusan Kuliah yang Mendukung

Manajemen Pemasaran
Manajemen Bisnis
Manajemen Perhotelan dan Pariwisata
Komunikasi Massa dan Hubungan Masyarakat
Periklanan dan Komunikasi Pemasaran
Pariwisata dan Perjalanan
Kepariwisataan dan Perhotelan
Jurnalistik dan Komunikasi Media
Desain Komunikasi Visual
Teknologi Informasi dan Sistem Informasi Pariwisata

Contoh perusahaan atau institusi yang membutuhkan

PT. Garuda Indonesia (Persero) Tbk
PT. Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC)
PT. Pegadaian (Persero)
PT. ASDP Indonesia Ferry (Persero)
PT. Hotel Indonesia Natour (Persero)
PT. Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk
PT. Telkom Indonesia (Persero) Tbk
PT. Waskita Karya (Persero) Tbk
PT. Pertamina (Persero)
PT. Pelindo II (Persero)