Sebagai Kepala Bagian Pendidikan Non Formal, tanggung jawab utama adalah mengawasi dan mengkoordinasi semua program pendidikan non formal yang dilakukan di institusi.
Tugas utama meliputi perencanaan, pengorganisasian, dan implementasi kegiatan pendidikan non formal yang melibatkan berbagai pihak, seperti tenaga pengajar, siswa, dan juga pihak terkait lainnya.
Selain itu, pekerjaan ini juga membutuhkan kemampuan dalam memonitor perkembangan dan evaluasi program pendidikan non formal untuk memastikan kualitas dan efektivitas dari program-program tersebut.
Profil orang yang cocok untuk tipe pekerjaan Kepala Bagian Pendidikan Non Formal adalah seseorang yang memiliki pengalaman dan pengetahuan yang luas tentang pendidikan non formal, serta memiliki kemampuan dalam mengelola program-program pendidikan.
Dalam menjalankan tugasnya, seorang Kepala Bagian Pendidikan Non Formal juga harus memiliki kepemimpinan yang baik, mampu berkomunikasi dengan baik, dan memiliki keterampilan dalam memotivasi tim kerja.
Jika kamu tidak memiliki kepemimpinan yang kuat, tidak bisa berkomunikasi dengan baik, dan tidak memiliki wawasan tentang pendidikan non formal, kamu tidak cocok dengan pekerjaan ini.
Miskonsepsi tentang profesi Kepala Bagian Pendidikan Non Formal adalah bahwa mereka hanya mengurusi program pendidikan alternatif yang kurang penting dibandingkan dengan pendidikan formal, padahal tugas mereka sangat penting dalam meningkatkan akses dan kesetaraan pendidikan bagi semua.
Ekspektasi yang salah adalah menganggap Kepala Bagian Pendidikan Non Formal hanya bertanggung jawab untuk menyelenggarakan kegiatan sekolah tambahan. Padahal, tugas mereka mencakup perencanaan, implementasi, pemantauan, dan evaluasi program-program pendidikan non formal yang beragam.
Perbedaan antara profesi Kepala Bagian Pendidikan Non Formal dengan profesi yang mirip, seperti Kepala Sekolah atau Guru, adalah Kepala Bagian Pendidikan Non Formal lebih berkonsentrasi pada pendidikan masyarakat luas dan kelompok rentan, bukan hanya terbatas pada siswa yang berada di lingkungan sekolah formal.