bertanggung jawab dalam memberikan pembelajaran kepada peserta didik di lembaga-lembaga non-formal.
Pekerjaan ini melibatkan perencanaan dan pengembangan materi pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik.
Selain itu, pengajar juga secara aktif mendukung dan memfasilitasi proses belajar mengajar melalui penggunaan metode yang interaktif dan menarik.
Seorang yang cocok untuk menjadi pengajar pendidikan dalam lembaga-lembaga non-formal adalah seorang yang memiliki pengetahuan yang mendalam tentang materi yang diajarkan dan memiliki kemampuan untuk mengkomunikasikannya dengan baik kepada peserta didik.
Selain itu, orang tersebut juga harus memiliki kemampuan untuk beradaptasi dengan berbagai tipe peserta didik dan memotivasi mereka untuk belajar.
Jika kamu memiliki kesulitan dalam berinteraksi dengan anak-anak, tidak memiliki rasa bertanggung jawab terhadap tugas mengajar, dan kurang memiliki kemampuan mengelola kegiatan belajar-mengajar, kemungkinan kamu tidak cocok sebagai pengajar pendidikan dalam lembaga-lembaga non-formal.
Miskonsepsi tentang pengajar pendidikan dalam lembaga non-formal adalah bahwa pekerjaan mereka hanya sebatas memberikan pelajaran tanpa banyak tantangan, padahal sebenarnya mereka juga dihadapkan pada berbagai masalah dan tanggung jawab yang kompleks.
Ekspektasi terhadap pengajar pendidikan dalam lembaga non-formal seringkali meliputi persepsi bahwa mereka hanya bertugas memberikan materi pelajaran, sementara kenyataannya mereka juga harus melakukan tugas lain seperti mengelola program pendidikan, menghadapi perbedaan kemampuan siswa, dan berinteraksi dengan orangtua siswa.
Perbedaan antara pengajar pendidikan dalam lembaga non-formal dengan profesi yang mirip, seperti guru di sekolah formal, adalah bahwa mereka tidak terikat dengan kurikulum nasional dan seringkali memiliki kebebasan dalam merancang program pendidikan. Selain itu, pengajar pendidikan non-formal juga lebih fokus pada pengembangan keterampilan khusus atau pelajaran tertentu, seperti kursus musik atau pelatihan bahasa.