Pekerjaan sebagai penyelenggara program pendidikan non-formal bertanggung jawab dalam merencanakan, mengorganisir, dan mengelola program-program pendidikan yang tidak tergantung pada jalur pendidikan formal.
Tugas utama meliputi merancang kurikulum, menyusun jadwal pelajaran, mengoordinasikan tenaga pengajar, serta melakukan evaluasi terhadap program pendidikan yang telah dilaksanakan.
Selain itu, pekerjaan ini juga melibatkan komunikasi dengan peserta didik, orang tua, dan pihak terkait lainnya untuk memastikan keberhasilan pelaksanaan program pendidikan non-formal.
Profil orang yang cocok untuk tipe pekerjaan sebagai penyelenggara program pendidikan non-formal adalah seseorang yang kreatif, inovatif dan memiliki minat yang kuat dalam bidang pendidikan non-formal.
Kemampuan dalam merencanakan dan mengorganisir kegiatan pendidikan, serta kemampuan berkomunikasi yang baik dengan masyarakat, akan menjadi faktor penentu keberhasilan dalam pekerjaan ini.
Jika kamu tidak memiliki keterampilan dalam mengelola proyek, kurang memiliki minat dalam bekerja dengan banyak orang, serta kurang memiliki ketekunan dalam menghadapi tantangan dalam pendidikan non-formal, kemungkinan kamu akan tidak cocok dengan pekerjaan ini.
Miskonsepsi tentang profesi penyelenggara program pendidikan non-formal adalah bahwa mereka hanya bertanggung jawab untuk menyampaikan materi secara bebas dan tidak terstruktur, padahal mereka sebenarnya juga harus merencanakan dan menyusun kurikulum yang sesuai dengan kebutuhan peserta.
Ekspektasi umum terhadap penyelenggara program pendidikan non-formal adalah bahwa mereka hanya mengajarkan keterampilan praktis, sedangkan kenyataannya mereka juga dapat membantu peserta mengembangkan kemampuan sosial, kreativitas, dan pemecahan masalah.
Perbedaan mendasar antara profesi penyelenggara program pendidikan non-formal dan pengajar di sekolah formal adalah bahwa penyelenggara program non-formal lebih fleksibel dalam metode pengajaran dan target peserta, sementara pengajar di sekolah formal harus mengikuti kurikulum terstandarisasi.