Bertanggung jawab dalam mengelola dan mengawasi program pendidikan psikologi di lembaga tersebut, seperti penyusunan kurikulum dan pengembangan metode pengajaran.
Tugas utama meliputi melakukan penelitian dan analisis kebutuhan psikologi pendidikan, serta memberikan konseling dan pendampingan kepada siswa dan orang tua terkait masalah psikologi.
Selain itu, pekerjaan ini juga melibatkan kerjasama dengan staf dan guru di lembaga pendidikan untuk menjalankan program-program pendidikan yang sesuai dengan prinsip-prinsip psikologi pendidikan Islam.
Profil orang yang cocok untuk tipe pekerjaan Kepala Bagian Psikologi Pendidikan di lembaga pendidikan Islam adalah seseorang yang memiliki pemahaman mendalam tentang psikologi pendidikan, pengalaman dalam mengelola program pendidikan, dan keahlian dalam membantu siswa menghadapi masalah belajar dan perkembangan pribadi mereka.
Sebagai seorang pemimpin dalam bidang psikologi pendidikan, kandidat yang ideal juga harus memiliki kemampuan kepemimpinan yang kuat, kepekaan sosial, dan komitmen untuk mempromosikan nilai-nilai agama dan moral dalam pendidikan Islam.
Jika kamu tidak memiliki pemahaman yang kuat tentang Islam atau tidak tertarik dengan pendidikan agama, kemungkinan kamu tidak cocok dengan pekerjaan ini.
Miskonsepsi tentang profesi kepala bagian psikologi pendidikan di lembaga pendidikan Islam adalah hanya bekerja dengan masalah agama dan spiritualitas, padahal tugasnya juga mencakup aspek psikologi umum dan pendidikan secara menyeluruh.
Ekspektasi yang sering salah adalah kepala bagian psikologi pendidikan di lembaga pendidikan Islam hanya berperan sebagai penceramah agama, padahal mereka juga harus memahami dan menerapkan prinsip-prinsip psikologi dalam membantu siswa dan guru dalam mencapai tujuan pendidikan.
Perbedaan dengan profesi yang mirip, seperti guru agama, adalah kepala bagian psikologi pendidikan memiliki pendidikan dan pengetahuan yang lebih mendalam tentang psikologi, sehingga mereka dapat memberikan layanan konseling dan bimbingan yang lebih khusus dalam konteks pendidikan Islam.