Mengelola departemen geografi di sekolah tinggi pendidikan dengan mengatur dan merencanakan kurikulum serta kegiatan belajar mengajar.
Tugas utama meliputi merekrut dan mengelola staf pengajar, serta memastikan kualitas pengajaran dan hasil belajar siswa dalam bidang geografi.
Selain itu, juga bertanggung jawab dalam memantau dan melaporkan kinerja departemen kepada manajemen sekolah dan memberikan bimbingan serta dukungan kepada siswa dalam pengembangan dan peningkatan pemahaman mereka tentang geografi.
Seorang yang cocok sebagai kepala departemen geografi di sekolah tinggi pendidikan adalah seorang yang memiliki pengetahuan yang mendalam dalam bidang geografi dan pengalaman dalam mengajar. Mereka juga harus memiliki kemampuan kepemimpinan yang baik dan dapat bekerja dengan baik dengan staf dan siswa.
Orang yang tidak cocok dengan posisi kepala departemen geografi di sekolah tinggi pendidikan adalah mereka yang memiliki pengetahuan yang terbatas tentang geografi, kurang memiliki keterampilan kepemimpinan, dan tidak memiliki minat dalam pengajaran dan pembelajaran.
Miskonsepsi tentang kepala departemen geografi di sekolah tinggi pendidikan adalah bahwa mereka hanya mengajar tentang peta dan informasi geografis dasar, padahal sebenarnya mereka bertanggung jawab untuk merancang kurikulum yang komprehensif dan mengelola staf pengajar dalam departemen tersebut.
Ekspektasi seringkali menganggap bahwa kepala departemen geografi hanya melakukan tugas administratif, seperti mengatur jadwal pelajaran atau mengambil keputusan tentang materi pelajaran. Namun, realitanya, mereka juga berperan dalam pengembangan kurikulum yang inovatif dan memastikan kualitas pengajaran yang baik.
Perbedaan dengan profesi yang mirip, seperti guru geografi, adalah bahwa kepala departemen geografi memiliki tanggung jawab yang lebih luas. Mereka tidak hanya mengajar, tetapi juga memiliki peran penting dalam manajemen departemen dan memimpin pengembangan kurikulum.