Kepala Divisi Komunikasi Pembangunan

  Profil Profesi

Pekerjaan sebagai Kepala Divisi Komunikasi Pembangunan melibatkan perencanaan dan pelaksanaan strategi komunikasi untuk mendukung program pembangunan.

Tugas utama meliputi mengidentifikasi target audiens, merancang pesan-pesan yang efektif, dan menyusun materi komunikasi seperti brosur, infografis, dan video.

Selain itu, pekerjaan ini juga melibatkan koordinasi dengan tim lain, seperti tim desain dan tim media sosial, serta berinteraksi dengan pemangku kepentingan yang terlibat dalam program pembangunan.

Apa saya cocok bekerja sebagai Kepala Divisi Komunikasi Pembangunan?

Profil orang yang cocok untuk tipe pekerjaan Kepala Divisi Komunikasi Pembangunan adalah seorang yang memiliki kemampuan komunikasi yang kuat, berpikiran strategis, dan memiliki pemahaman yang baik tentang isu-isu pembangunan.

Kepala Divisi Komunikasi Pembangunan juga harus memiliki kepemimpinan yang baik, mampu bekerja dengan berbagai pihak, dan memiliki keterampilan dalam mengelola tim.

Jika kamu tidak memiliki kemampuan komunikasi yang baik, tidak kreatif, dan tidak memiliki minat dalam pembangunan, kemungkinan kamu akan tidak cocok dengan posisi ini.

Konsep, ekspektasi dan realita

Miskonsepsi tentang profesi Kepala Divisi Komunikasi Pembangunan adalah bahwa tugas utamanya hanya berhubungan dengan komunikasi media dan publikasi. Padahal, sebenarnya tugasnya lebih kompleks dan melibatkan perencanaan strategis, manajemen proyek, serta koordinasi dengan berbagai pihak terkait.

Dalam ekspektasi banyak orang, Kepala Divisi Komunikasi Pembangunan dianggap sebagai sosok yang selalu berhasil meningkatkan citra dan popularitas suatu proyek atau pembangunan. Namun, realitanya tidak semua proyek atau pembangunan bisa langsung sukses dalam hal komunikasi, terutama jika ada faktor-faktor eksternal yang sulit dikendalikan.

Perbedaan dengan profesi yang mirip seperti Public Relations atau Humas adalah bahwa Kepala Divisi Komunikasi Pembangunan memiliki fokus yang lebih spesifik pada bidang pembangunan. Profesi ini lebih banyak terlibat dalam mengkomunikasikan proyek-proyek besar yang berdampak pada masyarakat dan pembangunan infrastruktur.

Jurusan Kuliah yang Mendukung

Ilmu Komunikasi
Hubungan Internasional
Public Relations
Komunikasi Massa
Pemasaran
Komunikasi Bisnis
Manajemen Media
Broadcasting
Jurnalistik
Teknik Informatika (peminatan Komunikasi dan Multimedia)

Contoh perusahaan atau institusi yang membutuhkan

PT Telkom Indonesia
PT Bank Mandiri (Persero) Tbk
PT Pertamina (Persero)
PT Astra International Tbk
PT Unilever Indonesia Tbk
PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk
PT Bank Central Asia Tbk
PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk
PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk
PT Adhi Karya (Persero) Tbk