Seorang Kepala Divisi Manajemen Kualitas bertanggung jawab dalam mengawasi dan meningkatkan proses manajemen kualitas di perusahaan.
Pekerjaan ini meliputi pengembangan dan implementasi kebijakan dan prosedur yang berkaitan dengan manajemen kualitas, serta mengawasi pelaksanaannya.
Selain itu, seorang Kepala Divisi Manajemen Kualitas juga bertanggung jawab dalam melakukan audit dan analisis data untuk memastikan bahwa perusahaan memenuhi standar kualitas yang ditetapkan.
Profil orang yang cocok untuk tipe pekerjaan Kepala Divisi Manajemen Kualitas adalah seseorang yang memiliki pemahaman yang kuat tentang sistem manajemen kualitas, memiliki kemampuan analitis yang baik, dan memiliki kepemimpinan yang baik.
Seorang Kepala Divisi Manajemen Kualitas juga harus memiliki keterampilan komunikasi yang baik, mampu bekerja di bawah tekanan, dan memiliki visi yang jelas dalam hal peningkatan kualitas produk atau layanan.
Jika kamu adalah seseorang yang tidak peduli dengan kualitas produk dan tidak memiliki kemampuan analitis yang kuat untuk melakukan pengendalian mutu, kemungkinan kamu tidak cocok dengan posisi Kepala Divisi Manajemen Kualitas.
Miskonsepsi tentang profesi Kepala Divisi Manajemen Kualitas adalah bahwa mereka hanya bertanggung jawab untuk mengawasi dan memastikan produk atau layanan memenuhi standar kualitas. Padahal, mereka juga terlibat dalam perencanaan strategis, koordinasi dengan tim, dan implementasi sistem manajemen kualitas di seluruh organisasi.
Ekspektasi yang salah tentang profesi ini adalah bahwa Kepala Divisi Manajemen Kualitas hanya perlu bekerja pada saat terjadi masalah dengan kualitas produk atau layanan. Padahal, mereka harus secara proaktif melakukan pemantauan, pengujian, dan perbaikan berkelanjutan untuk mencegah terjadinya masalah.
Perbedaan dengan profesi yang mirip, misalnya Manajer Kualitas, adalah Kepala Divisi Manajemen Kualitas memiliki wewenang kepemimpinan yang lebih tinggi dan bekerja pada level strategis organisasi dalam mengembangkan kebijakan dan program kualitas. Sementara itu, Manajer Kualitas lebih fokus pada pelaksanaan dan pengendalian operasional untuk mencapai tujuan kualitas dalam lingkup yang lebih terbatas.