Kepala Divisi Pemasaran

  Profil Profesi

Pekerjaan Kepala Divisi Pemasaran meliputi mengatur strategi pemasaran untuk mencapai target penjualan perusahaan.

Tugas utama meliputi analisis pasar, penentuan target audiens, pengembangan kampanye pemasaran, dan pemantauan hasil pemasaran.

Selain itu, Kepala Divisi Pemasaran juga bertanggung jawab dalam memimpin tim pemasaran, melakukan kerjasama dengan mitra bisnis, dan melakukan evaluasi hasil pemasaran untuk perbaikan strategi ke depan.

Apa saya cocok bekerja sebagai Kepala divisi pemasaran?

Profil orang yang cocok untuk tipe pekerjaan Kepala Divisi Pemasaran adalah seorang yang memiliki pengalaman dalam bidang pemasaran, memiliki kepemimpinan yang kuat, dan mampu mengambil keputusan strategis dalam mengembangkan dan memasarkan produk atau layanan.

Kemampuan untuk berkomunikasi dengan baik, berpikir analitis, dan memiliki pengetahuan tentang tren pemasaran saat ini juga menjadi faktor penting dalam profil tersebut.

Jika kamu adalah seorang yang tidak memiliki kemampuan komunikasi yang baik, sulit membangun hubungan dengan orang lain, dan tidak memiliki visi yang jelas dalam memasarkan produk, kemungkinan kamu akan tidak cocok menjadi kepala divisi pemasaran.

Konsep, ekspektasi dan realita

Ekspektasi: Sebagai Kepala Divisi Pemasaran, diharapkan hanya bertanggung jawab untuk mengatur strategi pemasaran dan mendapatkan hasil yang memuaskan.

Realita: Seorang Kepala Divisi Pemasaran juga harus menghadapi tekanan dalam mencapai target penjualan, mengkoordinasikan tim, dan menghadapi tantangan pasar yang selalu berubah.

Perbedaan dengan profesi mirip: Berbeda dengan Manajer Pemasaran yang lebih fokus pada perencanaan dan strategi pemasaran, Kepala Divisi Pemasaran bertanggung jawab dalam mengawasi dan mengelola seluruh divisi pemasaran perusahaan.

Ekspektasi: Kepala Divisi Pemasaran akan selalu memiliki waktu luang dan fleksibilitas kerja.

Realita: Posisi ini biasanya membutuhkan waktu kerja yang panjang, seringkali harus menghadiri pertemuan penting dan bekerja di luar jam kerja untuk menyelesaikan tugas-tugas yang mendesak.

Jurusan Kuliah yang Mendukung

Manajemen Pemasaran
Komunikasi Pemasaran
Pemasaran Internasional
Manajemen Strategi Pemasaran
Pemasaran Digital
Hubungan Masyarakat
Bisnis Internasional
Manajemen Penjualan
Periklanan dan Promosi
Psikologi Pemasaran

Contoh perusahaan atau institusi yang membutuhkan

PT Sinar Mas Group
PT Astra International Tbk
PT Unilever Indonesia Tbk
PT Indofood Sukses Makmur Tbk
PT Telkom Indonesia Tbk
PT Bank Central Asia Tbk (BCA)
PT Bank Mandiri (Persero) Tbk
PT Pertamina (Persero)
PT Grab Indonesia
PT Gojek Indonesia