Pekerjaan sebagai manajer penjualan dan pemasaran melibatkan perencanaan, pengorganisasian, dan pengawasan kegiatan penjualan dan pemasaran suatu produk atau layanan.
Tugas utama meliputi mengembangkan strategi pemasaran, mengatur tim penjualan, mengawasi pelaksanaan kegiatan promosi, serta melakukan analisis pasar untuk meningkatkan penjualan.
Selain itu, pekerjaan ini juga melibatkan kerja sama dengan tim lain, seperti tim riset dan pengembangan produk, untuk memastikan produk atau layanan yang ditawarkan sesuai dengan kebutuhan pasar.
Profil orang yang cocok untuk tipe pekerjaan Manajer Penjualan dan Pemasaran adalah seseorang yang memiliki kemampuan komunikasi yang baik, memiliki keahlian dalam mengatur strategi pemasaran, dan mampu memimpin tim penjualan untuk mencapai target penjualan yang ditetapkan.
Sebagai seorang manajer, orang tersebut juga harus memiliki kemampuan analisis yang baik dalam melihat tren pasar, serta kreatif dalam mengembangkan ide-ide baru untuk meningkatkan penjualan perusahaan.
Jika kamu adalah seseorang yang tidak suka berinteraksi dengan orang lain, kurang memiliki kemampuan persuasif, dan tidak memiliki minat dalam strategi pemasaran, kemungkinan kamu akan tidak cocok dengan pekerjaan sebagai manajer penjualan dan pemasaran.
Ekspektasi tentang Manajer Penjualan dan Pemasaran adalah mereka hanya bekerja saat ada acara atau promo besar, padahal sebenarnya mereka bekerja nonstop setiap harinya.
Realita dari profesi ini adalah tuntutan yang tinggi untuk mencapai target penjualan dan pemasaran yang terkadang menimbulkan stres dan jadwal kerja yang padat.
Perbedaannya dengan profesi yang mirip, seperti Executive Sales atau Marketing Analyst, Manajer Penjualan dan Pemasaran memiliki peran yang lebih strategis dalam mengelola tim penjualan dan merencanakan aktivitas pemasaran.