Kepala Layanan Dukungan Pengguna Sistem Informasi Kesehatan

  Profil Profesi

Sebagai Kepala Layanan Dukungan Pengguna Sistem Informasi Kesehatan, tanggung jawab utama Anda adalah memberikan dukungan teknis dan operasional kepada pengguna sistem informasi kesehatan.

Anda akan bertanggung jawab dalam mengelola keluhan, permintaan, dan masalah yang diajukan oleh pengguna, serta memberikan solusi dan bantuan teknis yang diperlukan.

Selain itu, Anda juga akan berperan dalam pelatihan pengguna terkait penggunaan sistem informasi kesehatan yang baru, serta meningkatkan kinerja sistem informasi kesehatan tersebut untuk memenuhi kebutuhan dan tanggapan yang diperlukan.

Apa saya cocok bekerja sebagai Kepala Layanan Dukungan Pengguna Sistem Informasi Kesehatan?

Seorang kepala layanan dukungan pengguna sistem informasi kesehatan yang ideal adalah seseorang yang memiliki pengetahuan mendalam tentang sistem informasi kesehatan, memiliki kemampuan komunikasi yang baik serta berorientasi pada pelayanan dan solusi yang efektif.

Dalam pekerjaan ini, keterampilan kepemimpinan yang kuat dan kemampuan untuk mengelola konflik juga sangat diperlukan untuk memastikan dukungan yang baik kepada pengguna sistem informasi kesehatan.

Jika kamu adalah seorang yang tidak sabar, cepat marah, dan sulit berinteraksi dengan orang lain, kemungkinan kamu akan tidak cocok dengan pekerjaan ini.

Konsep, ekspektasi dan realita

Ekspektasi: Seorang Kepala Layanan Dukungan Pengguna Sistem Informasi Kesehatan diharapkan hanya akan berurusan dengan masalah teknis dan perbaikan sistem. Realita: Di samping tugas teknis, mereka juga bertanggung jawab untuk memberikan pelatihan, mendukung pengguna dalam mengatasi masalah operasional, dan mengkoordinasikan dengan tim lain.

Ekspektasi: Profesi ini hanya melibatkan interaksi dengan sistem informasi kesehatan. Realita: Kepala Layanan Dukungan Pengguna juga harus berhubungan dengan pengguna, seperti dokter, perawat, dan staf administratif untuk memahami kebutuhan mereka dan memberikan solusi yang efektif.

Perbedaan dengan profesi yang mirip: Meskipun mirip dengan Help Desk Analyst atau Technical Support Specialist, Kepala Layanan Dukungan Pengguna memiliki tanggung jawab yang lebih tinggi. Mereka harus memiliki pemahaman yang lebih mendalam tentang sistem dan proses kesehatan serta kemampuan manajerial untuk mengkoordinasikan tim dan memimpin proyek-proyek penting.

Jurusan Kuliah yang Mendukung

Sistem Informasi Manajemen
Teknik Informatika
Teknik Elektro
Sistem Informasi Kesehatan
Kesehatan Masyarakat
Manajemen Teknologi Informasi
Kesehatan Digital
Sistem Informasi Bisnis
Teknologi Informasi Kesehatan
Manajemen Bisnis Teknologi Informasi

Contoh perusahaan atau institusi yang membutuhkan

PT CareSistem Medika Indonesia
PT Go Farma Sehat Indonesia
PT MedikaTek Sejahtera
PT Inti Sehat Indonesia
PT Sukses Medika Indonesia
PT Sehat Bersama Indonesia
PT Medika Solusi Indonesia
PT Sejahtera Medika Indonesia
PT Terang Sehat Indonesia
PT Harmoni Medika Indonesia