Tugas utama sebagai kepala perpustakaan sekolah adalah mengelola dan memastikan kelancaran operasional perpustakaan.
Tanggung jawabnya meliputi merencanakan dan mengatur koleksi buku dan materi bacaan, mengatur sistem peminjaman dan pengembalian buku, serta mengorganisir kegiatan dan acara yang berhubungan dengan literasi.
Selain itu, kepala perpustakaan juga bertanggung jawab dalam mengembangkan minat baca siswa dan menjadi sumber informasi yang dapat diandalkan bagi semua anggota sekolah.
Profil orang yang cocok untuk tipe pekerjaan Kepala Perpustakaan Sekolah adalah seseorang yang memiliki minat dan pengetahuan dalam bidang pendidikan serta pustaka, memiliki kemampuan manajemen yang baik, dan mampu menginspirasi siswa-siswa untuk gemar membaca dan mengembangkan minat literasi.
Sebagai pemimpin perpustakaan sekolah, seseorang yang cocok harus memiliki kemampuan komunikasi yang baik, pandai beradaptasi dengan perkembangan teknologi dalam perpustakaan, dan dapat bekerja sama dengan guru dan staf sekolah untuk menciptakan lingkungan pembelajaran yang menyenangkan di perpustakaan.
Jika kamu tidak suka dengan membaca atau memiliki minat yang rendah terhadap buku dan literatur, kemungkinan kamu tidak cocok menjadi seorang kepala perpustakaan sekolah.
Miskonsepsi tentang profesi Kepala Perpustakaan Sekolah adalah bahwa tugasnya hanya mengurus buku-buku dan meminjamkannya. Namun, kenyataannya tugas Kepala Perpustakaan lebih kompleks, seperti mengelola koleksi, mengatur program literasi, mengajar siswa tentang literasi informasi, dan bekerja sama dengan guru dalam melaksanakan kurikulum literasi.
Salah satu miskonsepsi lainnya adalah bahwa Kepala Perpustakaan Sekolah hanya bekerja selama jam sekolah. Nyatanya, mereka sering harus bekerja lembur untuk mempersiapkan acara, mengurus administrasi, merencanakan dan mengelola proyek literasi, serta berpartisipasi dalam kegiatan ekstrakurikuler yang berkaitan dengan perpustakaan.
Perbedaan dengan profesi yang mirip, seperti pustakawan atau asisten perpustakaan, adalah bahwa Kepala Perpustakaan Sekolah memiliki peran yang lebih strategis dan kepemimpinan. Mereka tidak hanya bertanggung jawab untuk mengelola operasional sehari-hari perpustakaan, tetapi juga harus merancang kebijakan, mengatur anggaran, dan mengembangkan inovasi dalam literasi serta penggunaan teknologi informasi dalam perpustakaan sekolah.