Sebagai seorang Konsultan Strategi Pemasaran, tugas utama saya adalah membantu perusahaan atau klien dalam merencanakan dan mengimplementasikan strategi pemasaran yang efektif.
Saya akan melakukan analisis pasar, riset konsumen, dan mengevaluasi keberhasilan kampanye pemasaran yang telah dilakukan.
Dalam pekerjaan ini, saya juga akan bekerja sama dengan tim kreatif dan analis untuk mengembangkan ide-ide baru dan mengoptimalkan hasil pemasaran.
Profil orang yang cocok untuk tipe pekerjaan Konsultan Strategi Pemasaran adalah seorang yang kreatif, analitis, dan memiliki pemahaman yang mendalam tentang pasar dan tren konsumen.
Dalam pekerjaan ini, seorang kandidat juga harus memiliki kemampuan komunikasi yang kuat, kepemimpinan yang efektif, dan keterampilan riset yang baik.
Seseorang yang memiliki kecenderungan kurang kreatif, tidak terampil dalam analisis data, dan tidak gemar berinteraksi dengan orang lain, kemungkinan tidak cocok dengan posisi Konsultan Strategi Pemasaran.
Miskonsepsi tentang profesi Konsultan Strategi Pemasaran adalah bahwa mereka hanya perlu memberikan rekomendasi dan semua masalah pemasaran akan teratasi secara instan. Namun, realita adalah bahwa implementasi strategi pemasaran membutuhkan waktu dan upaya yang signifikan.
Ekspektasi yang salah tentang konsultan strategi pemasaran adalah bahwa tugas mereka hanya berfokus pada iklan dan promosi. Padahal, konsultan strategi pemasaran juga bertanggung jawab untuk menganalisis pasar, mengidentifikasi kebutuhan pelanggan, mengembangkan branding, dan menyusun strategi jangka panjang.
Perbedaan mencolok dengan profesi mirip seperti agen periklanan adalah bahwa agen periklanan lebih fokus pada pelaksanaan kampanye pemasaran, sedangkan konsultan strategi pemasaran lebih berfokus pada perumusan strategi dan rekomendasi strategis yang berkelanjutan untuk mencapai tujuan bisnis.