Sebagai Manajer Pemasaran K3, tanggung jawab utama adalah mengembangkan dan mengimplementasikan strategi pemasaran yang terkait dengan bidang Keselamatan Kesehatan Kerja.
Tugas meliputi melakukan riset pasar untuk mendapatkan informasi tentang kebutuhan dan preferensi pelanggan terkait K3, mengidentifikasi target pasar, dan mengembangkan rencana pemasaran yang efektif.
Selain itu, juga bertanggung jawab untuk memantau dan menganalisis kinerja pemasaran, melakukan evaluasi terhadap strategi yang sudah dilakukan, dan memberikan rekomendasi perbaikan sesuai dengan hasil evaluasi.
Seorang yang cocok dengan pekerjaan Manajer Pemasaran K3 adalah seseorang yang memiliki pemahaman yang mendalam tentang keselamatan dan kesehatan kerja, memiliki keterampilan komunikasi yang baik, serta memiliki kemampuan untuk merencanakan dan mengimplementasikan strategi pemasaran yang efektif dalam konteks K3.
Jika kamu tidak memiliki kemampuan komunikasi yang baik, kurang memiliki pengetahuan dan pemahaman yang mendalam tentang K3, serta tidak mampu mengelola proyek dengan baik, kamu kemungkinan tidak cocok dengan pekerjaan sebagai Manajer Pemasaran K3.
Miskonsepsi tentang profesi Manajer Pemasaran K3 adalah bahwa mereka hanya bertanggung jawab untuk memasarkan produk atau layanan terkait keselamatan kerja, padahal sebenarnya mereka juga harus mengembangkan strategi dan program keselamatan kerja yang efektif.
Ekspektasi yang salah adalah bahwa Manajer Pemasaran K3 hanya perlu memikirkan aspek pemasaran tanpa memperhatikan persyaratan keselamatan kerja yang berlaku, padahal sebenarnya mereka harus memiliki pemahaman mendalam tentang aspek keselamatan kerja dan memprioritaskannya dalam aktivitas pemasaran.
Perbedaan dengan profesi yang mirip, seperti Manajer Pemasaran atau Manajer Keselamatan Kerja pada umumnya, adalah bahwa Manajer Pemasaran K3 memiliki tugas tambahan untuk memasarkan produk atau layanan yang berkaitan dengan keselamatan kerja, seperti alat pelindung diri atau program keselamatan kerja.