Koordinator acara bisnis pariwisata bertanggung jawab dalam perencanaan dan pelaksanaan acara-acara bisnis di sektor pariwisata.
Tugas utama meliputi mengidentifikasi kebutuhan klien, menyusun proposal acara, mengkoordinasikan vendor dan pihak terkait, serta memastikan acara berjalan dengan lancar.
Selain itu, pekerjaan ini juga melibatkan pemantauan dan evaluasi acara untuk memastikan keberhasilan dan kepuasan klien.
Profil orang yang cocok untuk tipe pekerjaan Koordinator Acara Bisnis Pariwisata adalah seseorang yang kreatif, memiliki kemampuan organisasi yang baik, dan memiliki pengetahuan luas tentang industri pariwisata dan bisnis.
Koordinator acara bisnis pariwisata juga harus memiliki kemampuan komunikasi yang baik, dapat bekerja dalam tim, dan mampu menjaga hubungan yang baik dengan klien dan rekan kerja.
Seseorang yang tidak cocok dengan pekerjaan ini adalah yang memiliki sedikit pengetahuan tentang bisnis pariwisata, kurang kreatif, dan tidak memiliki kemampuan komunikasi yang baik.
Miskonsepsi tentang Koordinator Acara Bisnis Pariwisata adalah bahwa pekerjaannya hanya melibatkan perjalanan dan menghadiri pesta atau acara, padahal sebenarnya mereka bertanggung jawab untuk merencanakan dan mengkoordinasikan berbagai aspek acara bisnis pariwisata.
Ekspektasi yang salah tentang profesi ini adalah bahwa Koordinator Acara Bisnis Pariwisata akan selalu menghadiri acara-acara mewah dan eksklusif, padahal kenyataannya mereka harus bekerja keras untuk memastikan segala sesuatunya berjalan lancar di belakang layar.
Perbedaan dengan profesi yang mirip seperti Event Organizer adalah bahwa Koordinator Acara Bisnis Pariwisata memiliki pengetahuan yang lebih spesifik tentang bisnis pariwisata dan lebih fokus pada mengatur acara-acara yang berkaitan dengan industri pariwisata, sementara Event Organizer lebih banyak berhubungan dengan pengaturan acara secara umum.