Sebagai Koordinator Customer Service di Industri Pariwisata, tugas utama meliputi mengoordinasikan tim pelayanan pelanggan, menyediakan informasi dan layanan terbaik kepada para pelanggan.
Selain itu, juga bertanggung jawab dalam menangani keluhan pelanggan, memberikan solusi yang tepat, serta memastikan kepuasan pelanggan tercapai.
Pekerjaan ini juga melibatkan kerjasama dengan departemen lain seperti reservasi, pemasaran, dan operasional, untuk menyelaraskan upaya dalam memberikan pengalaman terbaik kepada pelanggan.
Seorang yang ramah, berkomunikasi dengan baik, dan mampu menjaga hubungan pelanggan dengan baik adalah profil orang yang cocok untuk menjadi Koordinator Customer Service di Industri Pariwisata.
Seorang yang memiliki kemampuan multitasking, tanggap terhadap perubahan, dan dapat bekerja dengan baik di bawah tekanan juga akan sukses dalam posisi tersebut.
Jika kamu tidak suka berinteraksi dengan orang, tidak memiliki kemampuan komunikasi yang baik, dan tidak sabar dalam menangani keluhan pelanggan, kemungkinan kamu tidak cocok dengan pekerjaan ini.
Miskonsepsi tentang profesi Koordinator Customer Service di Industri Pariwisata adalah ekspektasi bahwa pekerjaan ini hanya sebatas melayani dan mengurus keluhan tamu-tamu saja, padahal faktanya tugasnya jauh lebih kompleks, seperti melakukan pengaturan reservasi, mengoordinasikan kegiatan tamu, serta menjaga hubungan baik dengan mitra bisnis.
Realita dari profesi Koordinator Customer Service di Industri Pariwisata adalah mereka harus siap bekerja dalam situasi yang seringkali penuh tekanan dan tuntutan. Mereka harus memiliki kemampuan multitasking, komunikasi yang baik, serta kemampuan dalam mengatasi konflik.
Perbedaan dengan profesi yang mirip, seperti Customer Service Representative di sektor lain, adalah Koordinator Customer Service di Industri Pariwisata memiliki pengetahuan khusus tentang industri pariwisata, seperti destinasi wisata, layanan akomodasi, serta pemahaman tentang budaya dan bahasa yang terkait dengan para tamu yang datang.