Staf Administrasi Di Perusahaan Pariwisata

  Profil Profesi

Staf Administrasi di perusahaan pariwisata bertanggung jawab dalam pengelolaan proses administratif yang terkait dengan operasional perusahaan pariwisata.

Tugas utama meliputi pembuatan dan pengarsipan dokumen-dokumen perusahaan, penanganan surat-menyurat, serta pengelolaan agenda dan jadwal kegiatan perusahaan.

Selain itu, pekerjaan ini juga melibatkan komunikasi dengan pihak-pihak terkait, seperti mitra bisnis, pelanggan, dan pihak internal perusahaan, untuk memastikan kebutuhan administratif terpenuhi dengan baik.

Apa saya cocok bekerja sebagai Staf Administrasi di Perusahaan Pariwisata?

Seorang yang memiliki kemampuan administrasi yang kuat, perhatian terhadap detail, dan pengetahuan tentang industri pariwisata akan cocok dengan pekerjaan Staf Administrasi di Perusahaan Pariwisata.

Mereka juga harus dapat berkomunikasi dengan baik dengan berbagai pihak terkait, memiliki pemahaman tentang proses operasional perusahaan pariwisata, dan mampu bekerja secara efisien dalam lingkungan yang dinamis.

Jika kamu adalah seseorang yang tidak teratur, kurang mampu mengatur jadwal dengan baik, dan sulit untuk bekerja dengan tuntutan pekerjaan yang cepat dan dinamis, kemungkinan kamu tidak cocok dengan pekerjaan sebagai Staf Administrasi di Perusahaan Pariwisata.

Konsep, ekspektasi dan realita

Miskonsepsi tentang profesi Staf Administrasi di Perusahaan Pariwisata adalah ekspektasi bahwa pekerjaan ini akan banyak melibatkan perjalanan dan kegiatan wisata, padahal kenyataannya lebih banyak mengurus administrasi perusahaan seperti pengelolaan surat-menyurat, pemrosesan data, dan pengaturan jadwal.

Perbedaan yang signifikan dengan profesi yang mirip, seperti Tour Guide, adalah bahwa Staf Administrasi bertanggung jawab untuk kegiatan administratif dan manajerial di perusahaan pariwisata, sedangkan Tour Guide akan terlibat langsung dalam penyampaian informasi dan pengalaman wisata kepada para pelancong.

Realita dari profesi Staf Administrasi di Perusahaan Pariwisata adalah lebih banyak menghabiskan waktu di dalam kantor, berinteraksi dengan tim manajemen, dan mengurus berbagai dokumen dan prosedur perusahaan, daripada terlibat langsung dalam kegiatan wisata yang lebih banyak dialami oleh Tour Guide.

Jurusan Kuliah yang Mendukung

Administrasi Bisnis Pariwisata
Manajemen Perhotelan
Pariwisata dan Kepariwisataan
Manajemen Pariwisata
Manajemen Event
Manajemen Restoran dan Layanan Makanan
Manajemen Destinasi Pariwisata
Hospitality Management
Komunikasi Pariwisata
Perencanaan dan Pengembangan Pariwisata

Contoh perusahaan atau institusi yang membutuhkan

PT. Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko
PT. Taman Wildlife Indonesia
PT. Tourism Development Indonesia
PT. Taman Impian Jaya Ancol
PT. Indonesia Tourism Development Corporation
PT. Universal Studio Resort Sentosa
PT. Taman Mini Indonesia Indah
PT. Ancol Dreamland
PT. Jawa Tengah Parkindo
PT. Bandung Tawon Park