Sebagai koordinator destinasi perjalanan, tugasnya adalah merencanakan dan mengatur semua aspek perjalanan wisata.
Ini meliputi mendapatkan informasi tentang tujuan wisata, menentukan jadwal perjalanan, mengatur transportasi, akomodasi, dan kegiatan selama perjalanan.
Selain itu, koordinator destinasi perjalanan juga bertanggung jawab untuk menjaga komunikasi dengan klien dan pihak terkait lainnya untuk memastikan semua perjalanan berjalan lancar.
Seorang yang cocok untuk pekerjaan sebagai Koordinator Destinasi Perjalanan adalah seseorang yang kreatif, memiliki pengetahuan yang luas tentang destinasi wisata, dan dapat mengatur detail perjalanan dengan baik.
Jika kamu tidak memiliki minat atau pengetahuan dalam industri perjalanan, kurang memiliki kemampuan komunikasi yang baik, dan tidak fleksibel dalam bekerja dengan jadwal yang berubah-ubah, kemungkinan kamu tidak cocok dengan pekerjaan ini.
Miskonsepsi tentang profesi Koordinator Destinasi Perjalanan adalah bahwa pekerjaannya hanya mencakup perjalanan dan liburan yang menyenangkan, padahal kenyataannya mereka juga harus menghadapi tantangan dan tanggung jawab yang besar.
Ekspektasi yang salah tentang profesi ini adalah seolah-olah pekerjaannya hanya mengatur tur dan kegiatan wisata yang sempurna, tetapi dalam realita mereka juga harus mengatasi perubahan jadwal, masalah cuaca, atau bahkan situasi darurat yang terjadi di destinasi.
Perbedaan dengan profesi sejenis, seperti agen perjalanan, adalah bahwa Koordinator Destinasi Perjalanan lebih fokus pada pengaturan dan koordinasi aktivitas di tempat tujuan, sedangkan agen perjalanan lebih berfokus pada perencanaan dan penjualan paket perjalanan kepada pelanggan.