Sebagai koordinator kegiatan ekstrakurikuler pendidikan khusus, tugasnya adalah mengorganisir dan mengawasi berbagai kegiatan yang mengembangkan keterampilan dan pengetahuan bagi siswa berkebutuhan khusus.
Tanggung jawabnya mencakup membuat jadwal kegiatan, mengoordinasikan instruktur dan fasilitas, serta memastikan keselamatan dan kenyamanan peserta selama pelaksanaan kegiatan.
Selain itu, koordinator ini juga berperan sebagai penghubung antara siswa, orang tua, dan sekolah dalam mengkomunikasikan kemajuan dan perkembangan siswa dalam kegiatan ekstrakurikuler tersebut.
Seorang yang energik, memiliki komunikasi yang baik, kreatif, dan berdedikasi terhadap pendidikan inklusif akan cocok untuk tipe pekerjaan Koordinator Kegiatan Ekstrakurikuler Pendidikan Khusus.
Mengingat perannya dalam memfasilitasi kegiatan ekstrakurikuler, seorang kandidat juga harus memiliki kemampuan organisasi yang baik dan mampu bekerja dengan siswa serta orang tua.
Jika kamu tidak memiliki kemampuan komunikasi yang baik, tidak fleksibel dalam menghadapi perubahan, dan kurang memiliki ketelitian dalam mengurus administrasi, kemungkinan kamu tidak cocok dengan pekerjaan ini.
Miskonsepsi tentang koordinator kegiatan ekstrakurikuler pendidikan khusus adalah bahwa mereka hanya bertanggung jawab untuk mengatur kegiatan-kegiatan yang menyenangkan, padahal sebenarnya mereka juga bertugas untuk mendukung kemajuan belajar anak-anak dengan kebutuhan khusus.
Ekspektasi terhadap koordinator kegiatan ekstrakurikuler pendidikan khusus seringkali salah kaprah, di mana mereka diharapkan dapat mengatasi semua kebutuhan dan tantangan belajar anak-anak dengan kebutuhan khusus secara instan, padahal pekerjaan ini butuh waktu dan komitmen yang lebih.
Perbedaan antara koordinator kegiatan ekstrakurikuler pendidikan khusus dengan profesi yang mirip seperti guru pendamping kelas integrasi adalah bahwa koordinator kegiatan ekstrakurikuler lebih bertanggung jawab dalam merencanakan dan mengatur kegiatan di luar jam pelajaran, sedangkan guru pendamping kelas integrasi lebih fokus pada mendampingi dan membantu anak-anak dengan kebutuhan khusus di dalam kelas.