Sebagai ahli evaluasi program pendidikan khusus, tugas utama meliputi analisis dan evaluasi efektivitas program pendidikan khusus yang ada.
Selain itu, juga melibatkan pengumpulan dan analisis data untuk mengevaluasi keberhasilan program tersebut dalam mencapai target dan memenuhi kebutuhan siswa.
Selain itu, pekerjaan ini juga melibatkan memberikan rekomendasi dan saran untuk meningkatkan program pendidikan khusus agar lebih efektif dalam menghasilkan hasil yang diinginkan.
Profil orang yang cocok untuk tipe pekerjaan Ahli Evaluasi Program Pendidikan Khusus adalah seseorang yang memiliki pengetahuan mendalam tentang pendidikan khusus, mampu menganalisis data dan mengidentifikasi kebutuhan serta keberhasilan program pendidikan khusus.
Mereka juga harus memiliki keterampilan komunikasi yang baik untuk berinteraksi dengan siswa, guru, dan orang tua, serta kemampuan untuk bekerja secara independen dan memimpin tim dalam melaksanakan evaluasi program pendidikan khusus.
Jika kamu memiliki sedikit pendidikan atau pengalaman dalam evaluasi program pendidikan khusus, kamu mungkin tidak cocok dengan pekerjaan ini.
Miskonsepsi tentang profesi Ahli Evaluasi Program Pendidikan Khusus adalah bahwa mereka hanya bertanggung jawab untuk mengukur pencapaian akademik siswa dengan mengabaikan aspek non-akademik penting lainnya.
Ekspektasi umum terhadap Ahli Evaluasi Program Pendidikan Khusus adalah bahwa mereka memiliki kemampuan untuk secara instan mengubah kurikulum dan strategi pembelajaran dengan tujuan meningkatkan hasil siswa secara drastis dalam waktu singkat.
Perbedaan antara profesi Ahli Evaluasi Program Pendidikan Khusus dengan profesi yang mirip, seperti Guru Pembimbing, adalah bahwa Ahli Evaluasi Program Pendidikan Khusus lebih fokus pada pengumpulan dan analisis data untuk memberikan rekomendasi pembaruan program, sedangkan Guru Pembimbing lebih fokus pada membimbing dan memberikan dukungan individual kepada siswa dengan kebutuhan khusus.