Pekerjaan di bidang pengembang materi dan media pendidikan khusus melibatkan perancangan dan pembuatan materi dan media pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan siswa dengan kebutuhan khusus.
Tugas utama meliputi riset kebutuhan pendidikan khusus, pengembangan kurikulum, serta pembuatan media pembelajaran yang inklusif dan dapat diakses oleh semua siswa.
Selain itu, pekerjaan ini juga melibatkan kerjasama dengan guru pendamping dan tenaga pendidik lainnya untuk mengoptimalkan penggunaan materi dan media pendidikan dalam proses pembelajaran.
Profil orang yang cocok untuk tipe pekerjaan Pengembang Materi dan Media Pendidikan Khusus adalah seorang yang kreatif, memiliki pemahaman mendalam tentang kebutuhan pendidikan khusus, dan mampu menghadirkan materi dan media yang sesuai dengan karakteristik siswa yang memiliki kebutuhan khusus.
Pekerjaan ini juga membutuhkan orang yang memiliki kemampuan berpikir analitis, memahami prinsip-prinsip instruksional, dan dapat berkolaborasi dengan tim pendidikan dalam mengembangkan materi dan media yang efektif.
Jika kamu tidak memiliki kreativitas tinggi, kurang berminat dalam pembelajaran dan metode pengajaran, serta tidak memiliki kepekaan terhadap kebutuhan anak-anak dengan kebutuhan khusus, kemungkinan kamu akan tidak cocok dengan pekerjaan ini.
Ekspektasi tentang profesi Pengembang Materi dan Media Pendidikan Khusus seringkali adalah hanya membuat materi pelajaran secara biasa, padahal mereka juga harus memperhatikan kebutuhan pendidikan khusus. Realitanya, Pengembang Materi dan Media Pendidikan Khusus harus mengkaji perbedaan individu dan menciptakan materi yang inklusif.
Perbedaan dengan profesi yang mirip seperti Pembuat Materi Pendidikan adalah fokus pada pendekatan yang dilakukan. Pengembang Materi dan Media Pendidikan Khusus harus membawa inovasi yang mendukung inklusi dan adaptasi pembelajaran bagi siswa dengan kebutuhan khusus, sementara Pembuat Materi Pendidikan lebih mengarah pada materi umum yang dapat diajarkan kepada semua siswa.
Miskonsepsi juga bisa terjadi dalam asumsi bahwa profesi ini tidak terlalu penting, padahal Pengembang Materi dan Media Pendidikan Khusus memiliki peran yang signifikan dalam menciptakan kesetaraan pendidikan bagi semua siswa, termasuk yang memiliki kebutuhan khusus.