Koordinator Marketing Pariwisata

  Profil Profesi

Sebagai koordinator marketing pariwisata, tugas utama saya adalah merencanakan dan melaksanakan strategi pemasaran untuk meningkatkan jumlah kunjungan ke destinasi pariwisata.

Selain itu, saya juga bertanggung jawab dalam membangun dan memelihara hubungan dengan mitra dan stakeholders terkait, seperti agen perjalanan, hotel, dan atraksi wisata.

Selama pekerjaan saya, saya akan terlibat dalam mengelola tim pemasaran, melakukan analisis pasar, dan membuat laporan mengenai efektivitas strategi pemasaran yang telah dilakukan.

Apa saya cocok bekerja sebagai Koordinator Marketing Pariwisata?

Profil orang yang cocok untuk tipe pekerjaan Koordinator Marketing Pariwisata adalah seseorang yang kreatif, memiliki pengetahuan yang luas tentang industri pariwisata, serta memiliki kemampuan dalam memimpin dan mengkoordinasi tim.

Seorang Koordinator Marketing Pariwisata juga harus memiliki keterampilan dalam negosiasi dan presentasi, serta memiliki kemampuan untuk beradaptasi dengan perubahan tren dan permintaan pasar pariwisata.

Profil orang yang kurang cocok untuk menjadi koordinator marketing pariwisata adalah mereka yang tidak memiliki kecermatan dalam mengatur detail, kurang memiliki kreativitas dalam merencanakan strategi pemasaran, dan kurang memiliki ketertarikan pada industri pariwisata.

Konsep, ekspektasi dan realita

Miskonsepsi tentang profesi Koordinator Marketing Pariwisata adalah bahwa pekerjaan ini hanya melibatkan promosi dan pemasaran destinasi pariwisata. Namun, dalam realitanya, tugas koordinator marketing pariwisata meliputi perencanaan strategi, analisis pasar, negosiasi dengan mitra bisnis, dan pengembangan produk pariwisata.

Banyak yang menganggap bahwa menjadi Koordinator Marketing Pariwisata hanya harus bekerja di kantor dengan jadwal yang teratur. Namun, yang sebenarnya, koordinator marketing pariwisata perlu sering berkomunikasi dengan tim lapangan, mengunjungi destinasi pariwisata, dan berinteraksi dengan pihak terkait untuk mempromosikan dan mengembangkan pariwisata.

Perbedaan dengan profesi yang mirip, seperti Marketing Manager di perusahaan lain, adalah bahwa Koordinator Marketing Pariwisata memiliki pengetahuan khusus tentang industri pariwisata dan harus memiliki pemahaman yang mendalam tentang tren wisata, preferensi pelancong, serta budaya lokal untuk melakukan strategi pemasaran yang efektif dalam konteks pariwisata.

Jurusan Kuliah yang Mendukung

Pariwisata
Manajemen Pariwisata
Komunikasi Pariwisata
Ilmu Komunikasi
Manajemen Bisnis
Marketing
Ekonomi
Bisnis Internasional
Perhotelan
Public Relation

Contoh perusahaan atau institusi yang membutuhkan

Hotel Santika Indonesia
PT Taman Wisata Candi Borobudur
PT Jaya Utama Santikah, Tbk (Hotel Santika Premiere)
PT Panorama Wisata
PT Taman Safari Indonesia
PT Disney Indonesia
PT AirAsia Indonesia
PT Garuda Indonesia
PT Hotel Indonesia Natour (HI-Natour)
PT Trans Resorts Indonesia