Koordinator Pemasaran Tiongkok

  Profil Profesi

Seorang koordinator pemasaran Tiongkok bertanggung jawab dalam mengkoordinasikan dan mengimplementasikan strategi pemasaran perusahaan di pasar Tiongkok.

Tugas utamanya meliputi analisis pasar, penentuan target audiens, pengembangan dan pelaksanaan kampanye pemasaran, serta monitoring dan evaluasi hasil pemasaran.

Selain itu, koordinator pemasaran Tiongkok juga bertugas membangun hubungan dengan klien dan mitra bisnis di Tiongkok serta memastikan kepatuhan terhadap regulasi dan kebijakan pemasaran di negara tersebut.

Apa saya cocok bekerja sebagai Koordinator pemasaran Tiongkok?

Profil orang yang cocok untuk tipe pekerjaan Koordinator Pemasaran Tiongkok adalah seorang yang memiliki latar belakang pendidikan atau pengalaman di bidang pemasaran internasional, memiliki pemahaman yang baik tentang budaya dan pasar Tiongkok, serta kemampuan komunikasi yang kuat dalam bahasa Tionghoa.

Sebagai Koordinator Pemasaran Tiongkok, seseorang juga harus memiliki keterampilan negosiasi yang baik dan mampu bekerja secara mandiri dalam mengatur dan melaksanakan strategi pemasaran yang efektif di pasar Tiongkok.

Jika kamu tidak memiliki pengetahuan tentang bahasa dan budaya Tiongkok, maka kamu tidak cocok untuk menjadi Koordinator pemasaran Tiongkok.

Konsep, ekspektasi dan realita

Miskonsepsi tentang profesi Koordinator Pemasaran Tiongkok adalah bahwa pekerjaannya hanyalah mengurus promosi dan pemasaran di Tiongkok, padahal sebenarnya pekerjaannya jauh lebih kompleks dan melibatkan koordinasi dengan berbagai pihak terkait.

Ekspektasi seringkali mengatakan bahwa Koordinator Pemasaran Tiongkok akan sukses secara instan dalam memasarkan produk di pasar Tiongkok, namun kenyataannya, membangun strategi pemasaran yang efektif di Tiongkok membutuhkan pemahaman yang mendalam tentang budaya, tren, dan preferensi konsumen lokal.

Perbedaan dengan profesi yang mirip, seperti Manajer Pemasaran Internasional, terletak pada fokusnya. Koordinator Pemasaran Tiongkok memiliki fokus yang lebih spesifik pada pasar Tiongkok, sedangkan Manajer Pemasaran Internasional lebih umum dalam lingkup kerjanya dan mencakup lebih banyak negara dan pasar internasional lainnya.

Jurusan Kuliah yang Mendukung

Bahasa dan Sastra Tionghoa
Hubungan Internasional dengan Konsentrasi Tiongkok
Bisnis Internasional dengan Fokus Tiongkok
Studi Tiongkok Modern
Pemasaran Internasional dengan Fokus Tiongkok
Perdagangan Internasional dengan Konsentrasi Tiongkok
Manajemen Pemasaran dengan Fokus Tiongkok
Ekonomi Internasional dengan Konsentrasi Tiongkok
Studi Budaya Tiongkok
Pendidikan Bisnis dengan Peminatan Tiongkok

Contoh perusahaan atau institusi yang membutuhkan

PT Astra International Tbk
PT Unilever Indonesia Tbk
PT Bank Mandiri (Persero) Tbk
PT Indofood Sukses Makmur Tbk
PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk
PT Sampoerna Tbk
PT Honda Prospect Motor
PT Bank Central Asia Tbk
PT Adaro Energy Tbk
PT XL Axiata Tbk