Koordinator Program Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah

  Profil Profesi

Pekerjaan sebagai Koordinator program Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah melibatkan perencanaan, pengorganisasian, dan pengawasan kegiatan pendidikan dan pelatihan untuk meningkatkan kompetensi guru-guru Madrasah Ibtidaiyah.

Tugas-tugas utama mencakup penentuan kebutuhan pelatihan, penyusunan rencana pelatihan, koordinasi dengan pihak terkait, dan evaluasi hasil pelatihan.

Selain itu, Koordinator juga bertanggung jawab dalam memastikan kualitas pembelajaran dan pengembangan profesionalisme guru-guru agar dapat memberikan pendidikan yang berkualitas.

Apa saya cocok bekerja sebagai Koordinator program Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah?

Profil orang yang cocok untuk tipe pekerjaan Koordinator Program Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah adalah seseorang yang memiliki pengetahuan yang mendalam tentang kurikulum dan metode pengajaran dalam konteks Madrasah Ibtidaiyah serta memiliki kemampuan kepemimpinan yang baik dalam memimpin dan mengkoordinasi program-program pendidikan.

Seorang kandidat yang cocok untuk pekerjaan ini juga harus memiliki kemampuan komunikasi yang baik, baik secara lisan maupun tulisan, serta mampu membangun hubungan yang baik dengan para guru dan stakeholder terkait.

Jika kamu tidak memiliki pengetahuan yang cukup tentang sistem pendidikan madrasah ibtidaiyah dan tidak memiliki keterampilan dalam mengkoordinasikan program pendidikan, maka kamu akan tidak cocok dengan pekerjaan ini.

Konsep, ekspektasi dan realita

Miskonsepsi: Ekspektasi terhadap profesi Koordinator Program Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah adalah mereka hanya perlu mengurus administrasi saja, padahal kenyataannya mereka juga harus mengembangkan kurikulum dan melakukan mendampingi guru dalam pembelajaran.

Miskonsepsi: Ada anggapan bahwa Koordinator Program Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah hanya bekerja di lingkungan madrasah saja, tetapi sebenarnya mereka juga bisa bekerja di lembaga pendidikan formal lainnya.

Perbedaan dengan profesi yang mirip: Koordinator Program Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah memiliki fokus yang lebih spesifik dalam mengkoordinasikan program pendidikan guru di madrasah ibtidaiyah, sedangkan Koordinator Program Pendidikan Guru biasanya mengurusi program pendidikan guru secara umum.

Jurusan Kuliah yang Mendukung

Pendidikan Agama Islam
Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Manajemen Pendidikan
Psikologi Pendidikan
Bimbingan dan Konseling
Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran
Teknologi Pendidikan
Administrasi Pendidikan
Studi Islam

Contoh perusahaan atau institusi yang membutuhkan

Kementerian Agama Republik Indonesia
Direktorat Pendidikan Agama Islam
Yayasan Guru Indonesia
Universitas Islam Negeri (UIN)
Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK)
Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Tenaga Kependidikan (LP2TK)
Pemerintah Kabupaten/Kota dengan program Pendidikan Madrasah
Sekolah Islam Terpadu
Pondok Pesantren
Organisasi Non-Pemerintah (NGO) yang fokus pada pendidikan Islam.