Koordinator Public Relations Pariwisata

  Profil Profesi

Sebagai Koordinator Public Relations Pariwisata, tugasnya adalah mengelola komunikasi dan hubungan dengan media untuk mempromosikan destinasi pariwisata.

Bekerja sama dengan tim, dia bertanggung jawab untuk menyusun strategi PR yang efektif untuk meningkatkan citra dan visibilitas destinasi pariwisata.

Pekerjaan ini juga melibatkan mengorganisir kunjungan pers, menghasilkan materi promosi, dan menjalin kerja sama dengan pihak terkait seperti Dinas Pariwisata dan event organizer.

Apa saya cocok bekerja sebagai Koordinator Public Relations Pariwisata?

Profil orang yang cocok untuk tipe pekerjaan Koordinator Public Relations Pariwisata adalah seseorang yang kreatif, memiliki jiwa kepemimpinan, serta mampu berkomunikasi dengan baik dalam berbagai bahasa.

Sebagai perwakilan pariwisata dan pihak media, seorang kandidat juga harus memiliki pengetahuan mendalam tentang industri pariwisata dan kemampuan untuk membangun hubungan yang kuat dengan berbagai pemangku kepentingan.

Jika kamu adalah seseorang yang tidak memiliki kemampuan komunikasi yang baik, kurang memiliki kreativitas, dan tidak memiliki ketertarikan dalam industri pariwisata, kemungkinan kamu akan tidak cocok dengan pekerjaan sebagai Koordinator Public Relations Pariwisata.

Konsep, ekspektasi dan realita

Miskonsepsi pertama tentang profesi Koordinator Public Relations Pariwisata adalah ekspektasi bahwa pekerjaannya hanya berhubungan dengan perjalanan dan liburan. Namun, realitanya, pekerjaan ini melibatkan perencanaan promosi, pengelolaan citra destinasi pariwisata, dan menghadapi berbagai tantangan dalam mengatasi masalah komunikasi yang mungkin timbul.

Miskonsepsi kedua adalah menganggap bahwa Koordinator Public Relations Pariwisata hanya bertanggung jawab untuk mengatur acara-acara keliling atau presentasi destinasi pariwisata. Padahal, tugas seorang Koordinator Public Relations Pariwisata lebih kompleks, termasuk mengembangkan strategi komunikasi, bekerja sama dengan media, dan menjalin hubungan dengan stakeholders terkait.

Perbedaan utama dengan profesi yang mirip, seperti Travel Agent, terletak pada fokus pekerjaan. Seorang Koordinator Public Relations Pariwisata bertanggung jawab untuk mengelola citra dan mempromosikan destinasi pariwisata kepada publik, sementara Travel Agent bertanggung jawab untuk mengatur perjalanan dan liburan seseorang, termasuk pengaturan tiket transportasi dan akomodasi.

Jurusan Kuliah yang Mendukung

Ilmu Komunikasi
Pariwisata
Hubungan Internasional
Manajemen Perhotelan
Media dan Komunikasi Digital
Bisnis Internasional
Marketing
Bahasa Inggris
Pengembangan Masyarakat
Administrasi Publik

Contoh perusahaan atau institusi yang membutuhkan

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif
Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC)
Badan Promosi Pariwisata Daerah
Hotel atau resort di area wisata populer
Destinasi wisata seperti taman nasional atau tempat wisata alam
Perusahaan penerbangan atau maskapai
Perusahaan perjalanan atau agen perjalanan
Event organizer atau perusahaan penyelenggara acara wisata
Travel magazine atau media pariwisata
Perusahaan yang bekerjasama dengan pariwisata, seperti perusahaan makanan dan minuman atau perusahaan produksi souvenir pariwisata.