Pekerjaan sebagai Level Designer berfokus pada merancang dan membangun tingkatan atau level dalam permainan video.
Tugas utama meliputi membuat layout level, menentukan posisi dan distribusi objek, serta mengatur alur permainan untuk memberikan pengalaman bermain yang menarik.
Selain itu, pekerjaan ini juga melibatkan kerjasama dengan tim pengembang lainnya, seperti desainer permainan dan programmer, untuk memastikan level yang dibuat sesuai dengan visi permainan yang diinginkan.
Profil orang yang cocok untuk tipe pekerjaan Level Designer adalah seorang yang kreatif, memiliki pemahaman mendalam tentang desain permainan, dan mampu menghadirkan pengalaman unik dalam permainan.
Berkat keahlian dalam membangun level permainan yang menarik dan tantangan yang seimbang, seorang kandidat juga harus memiliki kemampuan pemecahan masalah yang baik dan kemampuan kerja tim yang kuat.
Jika kamu tidak memiliki kreativitas yang tinggi, sulit berpikir out-of-the-box, dan tidak terampil dalam merencanakan tata letak level, kamu mungkin tidak cocok sebagai seorang level designer.
Miskonsepsi tentang profesi Level Designer adalah bahwa pekerjaannya hanya sebatas menggambar peta dan lokasi dalam permainan. Namun, kenyataannya Level Designer juga bertanggung jawab dalam merancang mekanik permainan dan pemecahan puzzle yang menarik.
Ekspektasi yang tidak sesuai dengan realita adalah anggapan bahwa profesi Level Designer hanya melibatkan kreativitas tanpa adanya batasan atau keterbatasan waktu. Padahal, dalam praktiknya mereka harus mempertimbangkan keterbatasan teknis, kebutuhan pengguna, dan timeline proyek.
Perbedaan dengan profesi yang mirip seperti Game Artist adalah bahwa Level Designer lebih berfokus pada perancangan dan membuat pengalaman bermain yang menyenangkan dan menantang, sementara Game Artist lebih berfokus pada pembuatan aset visual seperti karakter, lingkungan, dan efek visual dalam permainan.