Sebagai seorang Manager Keberlanjutan Bisnis, tugas utama saya adalah mengembangkan dan mengimplementasikan program keberlanjutan dalam operasional perusahaan.
Saya bertanggung jawab untuk menganalisis dampak sosial, lingkungan, dan ekonomi dari kegiatan perusahaan serta mengidentifikasi peluang dan risiko yang terkait dengan keberlanjutan.
Selain itu, saya juga bekerja sama dengan tim internal dan eksternal untuk mengkoordinasikan program pelatihan dan kesadaran keberlanjutan bagi karyawan dan mitra perusahaan.
Profil orang yang cocok untuk tipe pekerjaan sebagai Manager keberlanjutan bisnis adalah seseorang yang memiliki pemahaman yang mendalam tentang isu-isu keberlanjutan dan lingkungan, serta memiliki keterampilan kepemimpinan yang kuat dalam mengarahkan program-program keberlanjutan.
Sebagai manajer keberlanjutan bisnis, individu ini juga harus memiliki kemampuan analitis yang baik untuk memahami data dan tren terkait keberlanjutan serta dapat berkomunikasi dengan berbagai pihak terkait secara efektif.
Jika kamu tidak peduli dengan masalah lingkungan, tidak memiliki pengetahuan mengenai praktik keberlanjutan bisnis, dan tidak tertarik dalam mengelola program-program lingkungan perusahaan, kemungkinan kamu tidak cocok dengan pekerjaan Manager keberlanjutan bisnis.
Miskonsepsi tentang profesi Manager Keberlanjutan Bisnis adalah bahwa mereka hanya bertanggung jawab untuk memastikan perusahaan mematuhi praktik keberlanjutan, padahal sebenarnya mereka juga harus merancang dan mengimplementasikan strategi keberlanjutan yang holistik.
Ekspektasi terhadap Manager Keberlanjutan Bisnis adalah mereka akan dengan mudah menerapkan perubahan keberlanjutan di organisasi, namun di realita mereka harus menghadapi tantangan seperti resistensi perubahan, sumber daya yang terbatas, dan kompleksitas dalam mengukur dampak sosial dan lingkungan.
Perbedaan dengan profesi yang mirip, seperti Corporate Social Responsibility (CSR) Manager, adalah bahwa Manager Keberlanjutan Bisnis memiliki tanggung jawab yang lebih luas, termasuk faktor-faktor keuangan, operasional, dan strategis dalam mengintegrasikan keberlanjutan ke dalam seluruh nilai bisnis, tidak hanya dalam hal tanggung jawab sosial perusahaan.