Pekerjaan sebagai manager kesehatan dan pengamanan lingkungan di industri melibatkan pengelolaan dan pemantauan kebijakan dan program kesehatan serta keamanan untuk melindungi kesejahteraan karyawan dan lingkungan kerja.
Tugas utama meliputi pengawasan pelaksanaan program kesehatan dan keselamatan kerja, analisis risiko, penilaian dampak lingkungan, dan koordinasi dengan departemen terkait.
Selain itu, pekerjaan ini juga melibatkan pembuatan laporan dan dokumentasi, serta penegakan standar keamanan dan peraturan lingkungan yang relevan.
Profil orang yang cocok untuk tipe pekerjaan Manager Kesehatan dan Pengamanan Lingkungan di industri adalah seseorang yang memiliki pengetahuan luas tentang keamanan dan kesehatan kerja, serta pengelolaan lingkungan, serta memiliki kemampuan kepemimpinan yang baik.
Mereka juga harus memiliki keterampilan analitis yang kuat dan mampu mengambil keputusan yang tepat dalam situasi yang kompleks.
Seseorang yang tidak memiliki minat atau pengetahuan dalam bidang kesehatan dan lingkungan serta tidak memiliki kemampuan untuk mengelola dan memastikan keamanan lingkungan di industri tidak cocok untuk posisi ini.
Miskonsepsi tentang profesi Manager Kesehatan dan Pengamanan Lingkungan di industri adalah bahwa tugas utamanya hanya berfokus pada pengelolaan limbah dan penegakan peraturan lingkungan, padahal sebenarnya mereka juga bertanggung jawab untuk mengidentifikasi risiko kesehatan yang mungkin terjadi di lingkungan kerja.
Ekspektasi yang salah adalah bahwa Manager Kesehatan dan Pengamanan Lingkungan di industri akan langsung terlibat dalam tindakan lapangan, seperti membersihkan limbah atau melakukan inspeksi secara langsung. Namun, realitanya pekerjaan mereka lebih berfokus pada perencanaan, pengawasan, pelatihan, dan koordinasi untuk memastikan lingkungan kerja yang aman dan sehat.
Perbedaan utama dengan profesi yang mirip, seperti Inspektur Lingkungan atau Pasukan Pengamanan Lingkungan, adalah bahwa Manager Kesehatan dan Pengamanan Lingkungan di industri lebih berperan sebagai manajer yang bertanggung jawab untuk merancang, mengimplementasikan, dan memonitor program keselamatan dan kebersihan di tempat kerja secara menyeluruh.