Manager Pemasaran

  Profil Profesi

Sebagai seorang manager pemasaran, tugas utama adalah mengembangkan strategi pemasaran yang efektif untuk meningkatkan penjualan produk atau layanan perusahaan.

Hal ini meliputi penelitian pasar, pengembangan kampanye pemasaran, analisis pesaing, serta pengelolaan anggaran pemasaran.

Selain itu, manager pemasaran juga bertanggung jawab untuk memantau dan mengevaluasi hasil dari aktivitas pemasaran yang dilakukan, serta memastikan tujuan pemasaran perusahaan tercapai.

Apa saya cocok bekerja sebagai Manager pemasaran?

Profil orang yang cocok untuk tipe pekerjaan Manager Pemasaran adalah seorang yang kreatif, memiliki strategi pemasaran yang kuat, dan mampu berpikir analitis untuk mengidentifikasi peluang pasar.

Sebagai seorang yang bertanggung jawab mengarahkan tim pemasaran, manajer pemasaran juga harus memiliki kemampuan kepemimpinan yang baik dan dapat berkomunikasi dengan baik dengan berbagai pihak.

Jika kamu tidak suka berinteraksi dengan banyak orang, tidak memiliki kreativitas yang tinggi, dan tidak mampu mengambil keputusan yang cepat, kemungkinan kamu tidak cocok menjadi seorang manajer pemasaran.

Konsep, ekspektasi dan realita

Miskonsepsi tentang profesi Manager Pemasaran adalah bahwa mereka hanya perlu membuat iklan yang menarik untuk menjual produk. Namun, dalam realita, mereka juga harus mengembangkan strategi pemasaran yang komprehensif, melakukan riset pasar, dan menganalisis data untuk mencapai tujuan penjualan.

Salah satu perbedaan antara Manager Pemasaran dengan profesi yang mirip, seperti Sales Manager, adalah bahwa Manager Pemasaran fokus pada pengembangan dan pelaksanaan strategi pemasaran secara keseluruhan, sedangkan Sales Manager berfokus pada mencapai target penjualan dan membina hubungan dengan klien.

Ekspektasi yang salah tentang Manager Pemasaran adalah bahwa mereka akan melihat hasil yang instan dan langsung dari setiap kampanye pemasaran yang mereka lakukan. Namun, dalam realita, strategi pemasaran seringkali memerlukan waktu dan upaya yang berkelanjutan untuk membangun brand dan mempengaruhi perilaku konsumen.

Jurusan Kuliah yang Mendukung

Manajemen Bisnis
Marketing Management
Manajemen Pemasaran
Komunikasi Pemasaran
Manajemen Penjualan
Periklanan dan Humas
Sistem Informasi Manajemen
Manajemen Retail
Studi Bisnis Internasional dengan fokus Pemasaran
Analisis Pasar dan Penelitian Pemasaran

Contoh perusahaan atau institusi yang membutuhkan

PT Unilever Indonesia
PT Indofood Sukses Makmur Tbk
PT Telkom Indonesia Tbk
PT Astra International Tbk
PT Bank Mandiri (Persero) Tbk
PT Bank Central Asia Tbk
PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk
PT Pertamina (Persero)
PT PLN (Persero)
PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk