Manajer Hubungan Pelanggan Jepang

  Profil Profesi

Manajer hubungan pelanggan Jepang bertanggung jawab dalam menjaga dan membangun hubungan yang baik dengan pelanggan di Jepang.

Tugas utama meliputi komunikasi dengan pelanggan Jepang secara aktif, mengatasi pertanyaan atau masalah mereka, serta memberikan dukungan dan bantuan yang diperlukan.

Selain itu, pekerjaan ini juga melibatkan negosiasi kontrak, pemantauan kepuasan pelanggan, dan pengembangan strategi untuk meningkatkan hubungan bisnis dengan pelanggan di Jepang.

Apa saya cocok bekerja sebagai Manajer hubungan pelanggan Jepang?

Profil orang yang cocok untuk tipe pekerjaan Manajer Hubungan Pelanggan Jepang adalah seseorang yang memiliki latar belakang dalam budaya dan bahasa Jepang, memiliki kemampuan komunikasi yang kuat, dan mampu membangun hubungan yang baik dengan pelanggan Jepang.

Kemampuan dalam bernegosiasi, pemecahan masalah yang efektif, serta pemahaman yang mendalam tentang kebutuhan dan preferensi pelanggan Jepang juga sangat penting untuk memenuhi tuntutan pekerjaan ini.

Seorang yang tidak mahir berbahasa Jepang dan tidak memiliki pemahaman yang baik tentang budaya dan kebiasaan Jepang tidak cocok untuk menjadi manajer hubungan pelanggan Jepang.

Konsep, ekspektasi dan realita

Miskonsepsi tentang profesi Manajer Hubungan Pelanggan Jepang adalah bahwa mereka hanya bertanggung jawab untuk menjaga hubungan dengan pelanggan, padahal sebenarnya mereka juga harus mengidentifikasi kesempatan bisnis baru.

Ekspektasi terhadap Manajer Hubungan Pelanggan Jepang seringkali mengharapkan mereka memiliki kemampuan untuk memahami budaya dan etiket bisnis Jepang dengan sempurna, padahal kenyataannya mereka juga butuh waktu untuk belajar dan beradaptasi.

Perbedaan dengan profesi yang mirip, seperti Sales Representative, adalah bahwa Manajer Hubungan Pelanggan Jepang lebih fokus pada membangun hubungan jangka panjang dengan pelanggan, sedangkan Sales Representative lebih berfokus pada penjualan produk atau jasa dalam waktu yang lebih singkat.

Jurusan Kuliah yang Mendukung

Ilmu Hubungan Internasional
Ilmu Komunikasi
Studi Budaya Jepang
Teknik Pemasaran
Manajemen Pemasaran
Bisnis Internasional
Bahasa Jepang
Teknik Negosiasi Internasional
Manajemen Hubungan Pelanggan
Bisnis dan Perdagangan Internasional

Contoh perusahaan atau institusi yang membutuhkan

Toyota Motor Corporation Indonesia
PT Bank Mandiri (Persero) Tbk
PT Astra Honda Motor
PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing
PT Unilever Indonesia Tbk
PT Hitachi Construction Machinery Indonesia
PT Panasonic Gobel Indonesia
PT Indofood Sukses Makmur Tbk
PT Suzuki Indomobil Motor
PT Mitsubishi Electric Indonesia