Manajer Hubungan Pelanggan Perbankan

  Profil Profesi

Seorang manajer hubungan pelanggan di bidang perbankan bertanggung jawab dalam membangun dan memelihara hubungan yang baik dengan nasabah.

Tugas utamanya meliputi mengidentifikasi kebutuhan pelanggan, memberikan solusi keuangan yang tepat, dan memberikan pelayanan pelanggan yang berkualitas.

Selain itu, manajer hubungan pelanggan juga bertugas untuk menjaga kepuasan pelanggan, mengelola komplain, dan melakukan up-selling produk perbankan kepada nasabah.

Apa saya cocok bekerja sebagai Manajer hubungan pelanggan perbankan?

Seorang yang memiliki pemahaman yang luas tentang produk dan layanan perbankan, serta memiliki kemampuan komunikasi yang baik dengan klien, akan cocok dengan tipe pekerjaan sebagai Manajer Hubungan Pelanggan Perbankan.

Kemampuan untuk membangun hubungan yang kuat dengan klien, serta kepemimpinan yang baik, juga merupakan karakteristik penting yang diharapkan dari seorang Manajer Hubungan Pelanggan Perbankan.

Jika kamu adalah seseorang yang tidak memiliki kemampuan interpersonal yang baik, sulit berkomunikasi dengan orang lain, dan kurang dapat mengatasi situasi yang sulit, kemungkinan kamu tidak cocok dengan pekerjaan sebagai Manajer Hubungan Pelanggan di perbankan.

Konsep, ekspektasi dan realita

Ekspektasi: Manajer hubungan pelanggan perbankan hanya perlu menjawab pertanyaan pelanggan dan menyelesaikan masalah mereka dengan cepat.

Realita: Sebenarnya, seorang manajer hubungan pelanggan perbankan juga harus membangun hubungan jangka panjang dengan pelanggan, mengelola dan memperbarui akun pelanggan, serta memahami kebutuhan dan tujuan keuangan mereka.

Ekspektasi: Profesi ini mirip dengan customer service di industri lain.

Realita: Meskipun ada kesamaan dalam hal melayani pelanggan, manajer hubungan pelanggan perbankan memiliki pengetahuan dan pemahaman yang lebih mendalam tentang produk dan layanan perbankan, serta kemampuan untuk memberikan nasihat dan solusi keuangan yang secara khusus sesuai dengan kebutuhan pelanggan.

Ekspektasi: Manajer hubungan pelanggan perbankan hanya fokus pada transaksi perbankan harian.

Realita: Tugas mereka tidak hanya terbatas pada transaksi perbankan sehari-hari, tetapi juga mencakup memberikan penawaran produk, menjelaskan bunga dan biaya yang terkait, memberikan nasihat investasi, serta membantu pelanggan merencanakan masa depan keuangan mereka secara keseluruhan.

Jurusan Kuliah yang Mendukung

Manajemen Bisnis
Administrasi Bisnis
Ekonomi
Keuangan
Komunikasi Bisnis
Pemasaran
Hubungan Masyarakat
Manajemen Pelayanan Pelanggan
Manajemen Operasi
Hubungan Internasional

Contoh perusahaan atau institusi yang membutuhkan

Bank Mandiri
Bank Central Asia (BCA)
Bank Rakyat Indonesia (BRI)
Bank Negara Indonesia (BNI)
Bank CIMB Niaga
Bank Danamon
Bank Panin
Bank Permata
Bank Mega
Bank OCBC NISP