Manajer Komunikasi Bisnis

  Profil Profesi

Pekerjaan sebagai Manajer Komunikasi Bisnis mencakup merencanakan, mengkoordinasikan, dan melaksanakan strategi komunikasi internal dan eksternal perusahaan.

Tugas utama meliputi mengatur kegiatan PR, menyusun materi komunikasi, mengelola media sosial perusahaan, dan menjalin hubungan dengan media dan stakeholder.

Selain itu, pekerjaan ini juga melibatkan analisis dan evaluasi efektivitas komunikasi, serta memberikan rekomendasi untuk memperbaiki strategi komunikasi perusahaan.

Apa saya cocok bekerja sebagai Manajer Komunikasi Bisnis?

Profil orang yang cocok untuk tipe pekerjaan Manajer Komunikasi Bisnis adalah seorang yang memiliki kemampuan komunikasi yang kuat, mampu berpikir strategis, dan memiliki pengalaman dalam mengelola tim komunikasi.

Dalam peran ini, seorang kandidat juga harus memiliki kepemimpinan yang kuat, mampu beradaptasi dengan perubahan yang cepat, dan memiliki pemahaman yang mendalam tentang bidang komunikasi.

Jika kamu tidak memiliki kemampuan komunikasi yang baik, tidak pandai bernegosiasi, dan tidak terampil dalam mengelola konflik, kemungkinan kamu tidak cocok menjadi seorang manajer komunikasi bisnis.

Konsep, ekspektasi dan realita

Miskonsepsi tentang Manajer Komunikasi Bisnis adalah mereka hanya bertanggung jawab untuk membuat materi pemasaran dan mengelola media sosial perusahaan. Padahal, tugas utama mereka adalah mengelola hubungan dengan stakeholder, membangun citra perusahaan, dan menyusun strategi komunikasi yang efektif.

Ekspektasi terhadap Manajer Komunikasi Bisnis seringkali bahwa mereka akan bekerja dengan cara yang sangat kreatif dan inovatif. Namun, realitanya adalah mereka juga harus memiliki kemampuan analitis yang kuat untuk menganalisis data dan mengambil keputusan yang berdasarkan bukti.

Perbedaan dengan profesi yang mirip, seperti Manajer Pemasaran, adalah Manajer Komunikasi Bisnis lebih fokus pada aspek komunikasi dan reputasi perusahaan. Mereka bertanggung jawab untuk membangun dan menjaga hubungan dengan berbagai stakeholder, termasuk pelanggan, karyawan, media, dan komunitas secara keseluruhan. Sementara Manajer Pemasaran lebih fokus pada promosi produk dan jasa, serta peningkatan penjualan.

Jurusan Kuliah yang Mendukung

Komunikasi Bisnis
Public Relations
Jurnalisme
Hubungan Masyarakat
Ilmu Komunikasi
Pemasaran
Manajemen Pemasaran
Teknologi Informasi
Psikologi
Bisnis Internasional

Contoh perusahaan atau institusi yang membutuhkan

PT Telkom Indonesia
PT Astra International Tbk
PT Unilever Indonesia Tbk
PT Bank Mandiri Tbk
PT Indosat Tbk
PT XL Axiata Tbk
PT Pertamina (Persero)
PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk
PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk
PT Bank Central Asia Tbk