Sebagai seorang Manajer Kualitas Pembelajaran, tanggung jawab utama adalah mengawasi dan memastikan sistem pembelajaran yang efektif dan berkualitas.
Hal ini melibatkan pemantauan dan evaluasi proses pembelajaran, serta pengembangan dan implementasi perbaikan yang diperlukan.
Selain itu, posisi ini juga melibatkan kerjasama dengan tim pengajar dan staf akademik untuk mengembangkan standar kualitas pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan siswa.
Profil orang yang cocok untuk tipe pekerjaan Manajer Kualitas Pembelajaran adalah seseorang yang memiliki pemahaman yang kuat tentang evaluasi dan pengembangan pembelajaran, memiliki kemampuan analitis yang baik, dan mampu bekerja secara sistematis dan teliti untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.
Sebagai seorang Manajer Kualitas Pembelajaran, individu tersebut juga harus memiliki kemampuan kepemimpinan yang baik, dapat berkomunikasi dengan baik, dan memiliki motivasi tinggi untuk meningkatkan efektivitas pendidikan.
Individu yang tidak cocok dengan pekerjaan ini adalah seseorang yang tidak memiliki ketelitian dan kecermatan dalam menjalankan tugas, tidak dapat mengorganisir proses pembelajaran dengan efektif, serta tidak dapat memenuhi tenggat waktu yang ditentukan.
Miskonsepsi tentang Manajer Kualitas Pembelajaran adalah bahwa mereka hanya bertanggung jawab untuk membuat kurikulum yang sempurna, tanpa memperhatikan kebutuhan dan kemampuan siswa secara individu.
Ekspektasi yang tidak realistis adalah mengharapkan Manajer Kualitas Pembelajaran dapat mengatasi semua permasalahan dan tantangan dalam pembelajaran, padahal sejatinya mereka hanya bertugas untuk memastikan kualitas pembelajaran terjaga.
Perbedaan dengan profesi yang mirip, seperti guru atau kepala sekolah, adalah bahwa Manajer Kualitas Pembelajaran lebih fokus pada memantau dan mengevaluasi proses belajar mengajar, serta menentukan langkah perbaikan yang diperlukan, daripada memberikan pengajaran langsung kepada siswa.