Manajer Media Dakwah

  Profil Profesi

Seorang Manajer Media Dakwah bertanggung jawab dalam mengelola strategi dan pelaksanaan program dakwah melalui media sosial dan platform digital.

Pekerjaan ini meliputi perencanaan konten, pengembangan dan pengelolaan saluran media sosial, serta analisis performa dan pengukuran kesuksesan kampanye dakwah.

Sebagai Manajer Media Dakwah, juga akan terlibat dalam kolaborasi dengan tim kreatif, penulis konten, dan tim produksi video untuk menciptakan konten dakwah yang menarik dan inspiratif.

Apa saya cocok bekerja sebagai Manajer Media Dakwah?

Profil orang yang cocok untuk tipe pekerjaan Manajer Media Dakwah adalah seorang yang kreatif, memiliki kemampuan komunikasi yang baik, dan memiliki pengetahuan yang luas tentang media sosial dan teknologi.

Dalam mengelola program dakwah melalui media, seorang kandidat juga harus memiliki integritas yang tinggi, serta kemampuan untuk beradaptasi dengan cepat terhadap perkembangan tren dan teknologi baru.

Jika kamu adalah seseorang yang tidak kreatif, tidak memiliki pengetahuan tentang media, dan tidak memiliki komunikasi yang baik, kemungkinan kamu tidak cocok sebagai seorang manajer media dakwah.

Konsep, ekspektasi dan realita

Miskonsepsi tentang profesi Manajer Media Dakwah adalah bahwa pekerjaannya hanya sebatas membuat postingan di media sosial. Padahal, sebenarnya mereka juga bertanggung jawab dalam merencanakan strategi dakwah, mengorganisir acara serta mengelola konten multimedia.

Ekspektasi yang salah tentang Manajer Media Dakwah adalah bahwa mereka hanya bekerja untuk kepentingan agama tertentu. Namun, realitanya adalah mereka bekerja untuk melayani berbagai agama dan mempromosikan nilai-nilai kebaikan yang universal.

Perbedaan dengan profesi yang mirip seperti Manajer Pemasaran adalah bahwa Manajer Media Dakwah lebih fokus pada pesan-pesan religius dan moral, sementara Manajer Pemasaran berfokus pada memasarkan produk atau jasa tertentu.

Jurusan Kuliah yang Mendukung

Ilmu Komunikasi
Broadcasting
Public Relations
Desain Komunikasi Visual
Teknik Komputer dan Informatika
Teknik Elektro
Jurnalisme
Hubungan Internasional
Ilmu Politik
Pendidikan Agama

Contoh perusahaan atau institusi yang membutuhkan

PT. Media Dakwah Nusantara
Yayasan Dakwah Islam Indonesia
PT. Baitul Maal Hidayatullah
Yayasan Pembangunan Insan Mandiri
PT. Muamalat Institute
PT. Global Dakwah Indonesia
Yayasan Rumah Dzikir dan Dakwah
PT. Ibnu Sina Institute
Yayasan Dakwah Islamiyah Indonesia
PT. Ar Rahmah Media Utama