Tugas utama manajer pengembangan produk koperasi adalah melakukan riset pasar untuk mengetahui kebutuhan dan tren konsumen dalam produk koperasi.
Selain itu, manajer pengembangan produk koperasi juga bertanggung jawab dalam merancang dan mengembangkan produk-produk baru yang sesuai dengan kebutuhan konsumen dan strategi bisnis koperasi.
Manajer pengembangan produk koperasi juga harus melakukan analisis persaingan pasar dan melakukan evaluasi terhadap produk-produk yang sudah ada agar dapat meningkatkan keunggulan kompetitif koperasi.
Seorang yang memiliki visi dan kreativitas yang tinggi serta mampu melakukan analisis pasar dan penelitian untuk mengembangkan produk baru, sangat cocok untuk menjadi Manajer Pengembangan Produk Koperasi.
Kemampuan dalam merencanakan dan mengimplementasikan strategi pemasaran juga akan sangat dibutuhkan dalam pekerjaan ini.
Orang yang tidak cocok dengan pekerjaan ini adalah orang yang tidak memiliki kemampuan analitis, kekurangan kreativitas dalam mengembangkan produk, dan tidak mampu bekerja dalam tim.
Miskonsepsi tentang Manajer Pengembangan Produk Koperasi adalah menganggap bahwa tugas mereka hanya mengurus pengembangan produk saja, padahal sebenarnya mereka juga bertanggung jawab dalam mengelola strategi pemasaran dan operasional.
Ekspektasi yang salah adalah mengharapkan bahwa Manajer Pengembangan Produk Koperasi akan terlibat langsung dalam setiap tahapan proses pengembangan produk, padahal mereka lebih fokus pada perencanaan, pengawasan, dan koordinasi tim.
Perbedaan dengan profesi yang mirip, seperti Manajer Produk atau Manajer Pemasaran, adalah bahwa Manajer Pengembangan Produk Koperasi memiliki pengetahuan dan pengalaman khusus dalam konteks koperasi, sehingga mereka harus menggabungkan pemahaman akan praktik bisnis dengan keberlanjutan dan nilai-nilai koperasi.