Pekerjaan sebagai manajer penjaminan mutu mencakup pengawasan dan pengaturan seluruh proses dalam menjamin kualitas produk atau layanan.
Tugas utama meliputi menyusun dan memonitor implementasi kebijakan dan prosedur penjaminan mutu, melakukan audit internal, serta mengkoordinasikan pengujian dan evaluasi produk atau layanan.
Selain itu, pekerjaan ini juga melibatkan kerjasama dengan departemen lain untuk memastikan semua standar kualitas terpenuhi dan perbaikan terus dilakukan untuk meningkatkan kepuasan pelanggan.
Profil orang yang cocok untuk tipe pekerjaan Manajer Penjaminan Mutu adalah seseorang yang memiliki keahlian dalam menganalisis data dan membuat keputusan yang berdasarkan fakta, serta memiliki kemampuan kepemimpinan yang kuat dan mampu mengelola tim dengan baik.
Seorang kandidat juga harus memiliki pemahaman mendalam tentang proses penjaminan mutu dan pengalaman dalam mengimplementasikan standar kualitas yang tinggi.
Jika kamu tidak memiliki ketelitian, tidak terorganisir, dan tidak bisa bekerja dengan tenggat waktu yang ketat, kemungkinan kamu tidak cocok dengan pekerjaan sebagai manajer penjaminan mutu.
Miskonsepsi tentang profesi Manajer Penjaminan Mutu adalah bahwa tugas utamanya hanya mengurus administrasi dan mengumpulkan data tanpa memberikan kontribusi nyata dalam meningkatkan kualitas produk atau layanan.
Ekspektasi yang biasa terjadi adalah bahwa Manajer Penjaminan Mutu akan bertanggung jawab penuh dalam mengatasi setiap masalah kualitas, padahal sebenarnya masih banyak faktor lain yang mempengaruhi dan perlu melibatkan beberapa pihak.
Perbedaan antara Manajer Penjaminan Mutu dengan profesi yang mirip, seperti Auditor atau Quality Control adalah fokusnya. Manajer Penjaminan Mutu lebih fokus pada perencanaan dan pengembangan sistem manajemen kualitas, sementara profesi lainnya lebih menitikberatkan pada pengawasan dan pemeriksaan produk atau layanan secara langsung.