Manajer perencanaan dan pengembangan program bertanggung jawab untuk merencanakan dan mengembangkan program-program yang efektif dan berkelanjutan.
Tugas utamanya meliputi analisis kebutuhan, mengidentifikasi tujuan program, merancang strategi implementasi, dan mengelola anggaran program.
Selain itu, manajer ini juga akan melakukan pemantauan dan evaluasi program secara berkala untuk memastikan pencapaian hasil yang diinginkan.
Profil orang yang cocok untuk tipe pekerjaan Manajer perencanaan dan pengembangan program adalah seseorang yang memiliki kemampuan analitis yang kuat, mampu mengorganisir dan mengkoordinasikan berbagai projek secara efektif.
Kemandirian dalam bekerja serta kemampuan komunikasi dan kepemimpinan yang baik juga sangat penting dalam pekerjaan ini.
Jika Anda tidak terbiasa dengan mengelola banyak proyek dan tidak memiliki kemampuan strategi yang kuat, maka pekerjaan sebagai manajer perencanaan dan pengembangan program mungkin tidak cocok untuk Anda.
Miskonsepsi tentang Manajer Perencanaan dan Pengembangan Program adalah bahwa pekerjaannya hanya sebatas membuat rencana program tanpa perlu melibatkan eksekusi atau pengembangan selanjutnya.
Ekspektasi yang tidak realistis terhadap Manajer Perencanaan dan Pengembangan Program adalah bahwa mereka akan selalu memiliki rencana yang sempurna dan dapat memenuhi semua target yang ditetapkan.
Perbedaan antara Manajer Perencanaan dan Pengembangan Program dengan profesi serupa seperti Manajer Proyek adalah bahwa peran mereka lebih berfokus pada perencanaan dan pengembangan strategis untuk mencapai tujuan jangka panjang, sedangkan Manajer Proyek lebih berfokus pada pengelolaan dan pengawasan pelaksanaan proyek secara tepat waktu.