Pekerjaan sebagai Market Research Analyst melibatkan penelitian pasar untuk mendapatkan pemahaman yang mendalam tentang perilaku konsumen dan tren pasar.
Tugas utama meliputi pengumpulan data, analisis data, dan menyusun laporan yang memberikan wawasan dan rekomendasi strategis kepada perusahaan.
Selain itu, pekerjaan ini juga melibatkan kerja sama dengan tim pemasaran dan manajemen produk untuk mengembangkan strategi pemasaran yang efektif berdasarkan temuan penelitian.
Profil orang yang cocok untuk tipe pekerjaan Market Research Analyst adalah seseorang yang memiliki kemampuan analitis yang kuat, mampu mengumpulkan dan menganalisis data dengan teliti, serta memiliki pemahaman yang baik tentang strategi pemasaran.
Dalam menjalankan tugasnya, seorang kandidat juga harus memiliki kreativitas dan kepekaan terhadap tren dan perubahan pasar, serta memiliki kemampuan komunikasi yang baik untuk menyampaikan hasil analisis kepada klien atau tim.
Jika kamu adalah seorang yang tidak tertarik dengan menganalisis data, kurang memiliki kemampuan komunikasi yang baik, dan tidak suka melakukan riset, kemungkinan kamu akan tidak cocok dengan pekerjaan sebagai Market Research Analyst.
Miskonsepsi tentang Market Research Analyst adalah bahwa pekerjaannya hanya berkaitan dengan mengumpulkan data dan membuat laporan, padahal dalam realitanya pekerjaan ini melibatkan analisis mendalam, interpretasi data, dan memberikan saran strategis kepada perusahaan.
Ekspektasi salah satu miskonsepsi tentang Market Research Analyst adalah bahwa mereka hanya bertanggung jawab untuk mengkonfirmasi hipotesis perusahaan, padahal dalam realitanya pekerjaan ini juga melibatkan identifikasi dan memahami kebutuhan pasar serta pelanggan.
Perbedaan dengan profesi yang mirip, seperti Data Analyst, adalah bahwa Market Research Analyst lebih berfokus pada riset dan analisis pasar serta pelanggan, sementara Data Analyst lebih berfokus pada analisis data secara umum dan tidak terbatas pada pasar atau pelanggan saja.