Marketing Atau Penjualan Produk Kesehatan Tradisional

  Profil Profesi

Pekerjaan di bidang marketing atau penjualan produk kesehatan tradisional melibatkan promosi, penawaran, dan penjualan produk-produk kesehatan tradisional kepada konsumen.

Tugas utama meliputi mencari pelanggan potensial, menjelaskan manfaat produk, dan melakukan negosiasi untuk mencapai penjualan yang optimal.

Selain itu, pekerjaan ini juga melibatkan pemantauan pasar, analisis tren konsumen, dan pengembangan strategi pemasaran yang efektif untuk meningkatkan penjualan produk kesehatan tradisional.

Apa saya cocok bekerja sebagai Marketing atau Penjualan Produk Kesehatan Tradisional?

Profil orang yang cocok untuk tipe pekerjaan Marketing atau Penjualan Produk Kesehatan Tradisional adalah seseorang yang memiliki pengetahuan tentang produk kesehatan tradisional, memiliki kemampuan komunikasi yang baik, dan mampu mempengaruhi orang lain untuk membeli produk.

Dalam menghadapi persaingan yang ketat, seorang kandidat juga harus memiliki kemampuan negosiasi tinggi dan kemampuan untuk membangun hubungan yang baik dengan pelanggan potensial.

Jika kamu adalah seorang yang kurang percaya pada produk-produk kesehatan tradisional dan tidak memiliki minat dalam menjualnya kepada orang lain, kemungkinan kamu akan tidak cocok dengan pekerjaan ini.

Konsep, ekspektasi dan realita

Miskonsepsi tentang profesi Marketing atau Penjualan Produk Kesehatan Tradisional adalah bahwa pekerjaan ini dianggap mudah dan hanya membutuhkan kemampuan berbicara yang baik. Padahal, dalam realita, pekerjaan ini membutuhkan pengetahuan mendalam tentang produk, strategi pemasaran, analisis pasar, serta kemampuan negosiasi yang tinggi.

Ekspektasi yang salah tentang profesi ini adalah bahwa hasil penjualan akan langsung mencapai target yang tinggi dalam waktu singkat. Namun, kenyataannya, membangun relasi dengan pelanggan, memperoleh kepercayaan, dan mempengaruhi keputusan pembelian membutuhkan waktu dan upaya yang berkelanjutan.

Perbedaan dengan profesi serupa, seperti Sales atau Pemasaran produk konvensional, adalah bahwa Penjualan Produk Kesehatan Tradisional memiliki tantangan tersendiri dalam membangun kepercayaan pelanggan terhadap produk yang mungkin masih dianggap kurang dikenal atau kontroversial oleh sebagian orang. Selain itu, bekerja dalam industri kesehatan tradisional juga menuntut pemahaman mendalam tentang kepercayaan, kebiasaan, dan keyakinan masyarakat terkait pengobatan tradisional.

Jurusan Kuliah yang Mendukung

Ilmu Kesehatan Masyarakat
Pemasaran Produk Kesehatan
Manajemen Pemasaran
Komunikasi Pemasaran
Manajemen Bisnis Kesehatan
Manajemen Penjualan dan Distribusi
Pemasaran Digital
Manajemen Bisnis Ritel
Pemasaran Internasional
Studi Keuangan dan Pemasaran

Contoh perusahaan atau institusi yang membutuhkan

PT Sido Muncul (Jamu Sido Muncul)
PT Deltomed Laboratories (Samiaji)
PT Nyonya Meneer (Jamu Nyonya Meneer)
PT Komix (Komix Obat Batuk)
PT Air Mancur (Air Mancur Obat Tetes Mata)
PT Sumber Kita Sejati (Berlico)
PT Air Bi Gesing (Biolysin)
PT Dharma Lingga Surya (CloriVit)
PT SMAK (Minyak Kayu Putih Cap Lang)
PT Bintang Toedjoe (KINOTOR)