Marketing/event Planner Di Industri Olahraga

  Profil Profesi

Sebagai seorang marketing/event planner di industri olahraga, tanggung jawab utama Anda adalah merencanakan dan melaksanakan kegiatan pemasaran dan acara-acara olahraga.

Anda akan bekerja sama dengan tim marketing untuk mengembangkan strategi pemasaran yang efektif, termasuk promosi melalui sosial media, iklan, dan sponsor.

Selain itu, Anda juga akan bertanggung jawab untuk merencanakan dan melaksanakan acara-acara olahraga, seperti turnamen atau kompetisi, mulai dari pengaturan tempat, hingga logistik dan koordinasi dengan berbagai pihak terkait.

Apa saya cocok bekerja sebagai Marketing/event planner di industri olahraga?

Profil orang yang cocok untuk tipe pekerjaan Marketing/Event Planner di industri olahraga adalah sosok yang kreatif, energik, dan memiliki passion yang tinggi terhadap dunia olahraga.

Ditambah dengan kemampuan networking yang luas dan kemampuan dalam mengorganisir acara yang berhasil, seorang kandidat akan mampu sukses dalam pekerjaan ini.

Jika kamu tidak memiliki minat atau pengetahuan yang mendalam tentang olahraga dan kurang memiliki kreativitas serta kemampuan menjalin hubungan dengan orang lain, kemungkinan kamu tidak cocok dengan pekerjaan sebagai marketing/event planner di industri olahraga

Konsep, ekspektasi dan realita

Ekspektasi: Seorang marketing/event planner di industri olahraga diharapkan selalu berada di tengah-tengah aksi olahraga dan bekerja dengan atlet terkenal. Realita: Sebagian besar pekerjaan dilakukan di belakang layar, seperti merencanakan acara, mengatur sponsor, dan mengelola aspek logistik, dengan interaksi minimal dengan atlet terkenal.

Ekspektasi: Profesi ini dianggap hanya melibatkan pengaturan pertandingan dan acara olahraga. Realita: Seorang marketing/event planner di industri olahraga juga harus memiliki pemahaman yang kuat tentang strategi pemasaran, branding, analisis pasar, dan penjualan tiket.

Perbedaan dengan profesi mirip, seperti public relations di industri olahraga, adalah bahwa marketing/event planner bertanggung jawab untuk merencanakan dan mengelola keseluruhan acara olahraga, sementara public relations lebih fokus pada hubungan dengan media dan publik serta membangun citra positif bagi tim atau atlet individu.

Jurusan Kuliah yang Mendukung

Manajemen Pemasaran
Komunikasi Pemasaran
Manajemen Olahraga
Pemasaran Olahraga
Manajemen Acara
Pemasaran Digital
Public Relations
Manajemen Media
Manajemen Bisnis Olahraga
Manajemen Event Olahraga

Contoh perusahaan atau institusi yang membutuhkan

PT Liga Indonesia Baru
Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI)
PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk - BNI
PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk
PT Jakarta Propertindo (Jakpro)
PT Indonesia Asahan Aluminium (Persero) - Inalum
PT Indosat Tbk
PT Ace Hardware Indonesia Tbk
PT Telkomsel
PT Jawa Pos Group