Marketing Executive Acara

  Profil Profesi

Marketing executive acara bertanggung jawab dalam merencanakan, mengkoordinasikan, dan melaksanakan strategi pemasaran untuk acara yang akan diadakan.

Tugas utama termasuk melakukan riset pasar, membangun hubungan dengan mitra, mengembangkan kampanye pemasaran, dan menganalisis hasil pemasaran.

Selain itu, pekerjaan ini juga melibatkan komunikasi dengan tim internal dan eksternal untuk memastikan semua elemen pemasaran acara berjalan lancar dan mencapai target yang ditetapkan.

Apa saya cocok bekerja sebagai Marketing executive acara?

Profil orang yang cocok untuk tipe pekerjaan Marketing Executive Acara adalah seorang yang kreatif, memiliki kemampuan komunikasi yang baik, dan mampu bekerja di bawah tekanan dalam menjalankan strategi pemasaran acara.

Sebagai seorang Marketing Executive Acara, seorang kandidat juga harus memiliki ketertarikan pada dunia acara, memiliki keterampilan dalam mengatur detail, dan memiliki kemampuan untuk berpikir analitis dalam mengembangkan strategi pemasaran yang efektif.

Orang yang tidak cocok dengan pekerjaan ini adalah mereka yang tidak memiliki kreativitas yang tinggi, kurang mampu berkomunikasi dengan baik, dan tidak memiliki minat dalam industri hiburan.

Konsep, ekspektasi dan realita

Miskonsepsi tentang profesi Marketing Executive Acara adalah bahwa tugasnya hanya mengatur acara yang glamor dan menghadiri pesta-pesta mewah, padahal kenyataannya mereka juga harus menghadapi tekanan waktu, mengatur anggaran, dan menghadapi kendala logistik.

Ekspektasi yang salah tentang profesi Marketing Executive Acara adalah bahwa mereka akan selalu bekerja dalam lingkungan yang menyenangkan dan penuh kegembiraan, namun kenyataannya mereka juga harus menghadapi stres dan bekerja dengan ketat dalam mencapai tujuan acara yang sukses.

Perbedaan dengan profesi yang mirip, seperti Event Planner, adalah bahwa Marketing Executive Acara lebih fokus pada segi pemasaran dan promosi acara, sedangkan Event Planner lebih fokus pada perencanaan dan pelaksanaan acara secara keseluruhan, termasuk pengaturan detail seperti tempat, dekorasi, dan penjadwalan.

Jurusan Kuliah yang Mendukung

Manajemen Pemasaran
Komunikasi
Manajemen Bisnis
Hubungan Masyarakat
Ilmu Komunikasi
Psikologi
Desain Grafis
Teknik Informatika
Statistik
Ekonomi

Contoh perusahaan atau institusi yang membutuhkan

PT Surya Citra Media Tbk.
PT Trans Media Corpora
PT Indosiar Visual Mandiri
PT Televisi Republik Indonesia (TVRI)
PT MNC Vision Networks Tbk.
PT Multipolar Technology Tbk.
PT Okezone Celestial Tbk.
PT Matahari Department Store Tbk.
PT Ramayana Lestari Sentosa Tbk.
PT Indomarco Adi Prima Tbk.