Deskripsi singkat pekerjaan:
Sebagai Marketing Executive Pariwisata, tanggung jawab utama Anda adalah mempromosikan dan memasarkan destinasi wisata kepada calon pengunjung.
Anda akan bekerja dengan tim pemasaran untuk mengembangkan strategi promosi dan melaksanakan kegiatan pemasaran, seperti membuat konten promosi, mengelola media sosial, dan mengatur partisipasi dalam pameran pariwisata.
Selain itu, Anda juga akan bertanggung jawab untuk memantau dan menganalisis data penjualan dan kepuasan pelanggan, serta memberikan rekomendasi untuk meningkatkan fasilitas dan layanan yang ditawarkan.
Profil orang yang cocok untuk tipe pekerjaan Marketing Executive Pariwisata adalah seseorang yang kreatif, memiliki pengetahuan yang luas tentang industri pariwisata, dan mampu mengkomunikasikan dengan baik produk pariwisata kepada calon pelanggan.
Selain itu, seorang kandidat juga harus memiliki kemampuan networking yang baik, serta kemampuan untuk mengatur dan melaksanakan strategi pemasaran yang efektif.
Jika kamu tidak memiliki minat atau pengetahuan yang cukup tentang pariwisata, kemungkinan kamu akan tidak cocok dengan pekerjaan sebagai Marketing Executive Pariwisata.
Miskonsepsi tentang profesi Marketing Executive Pariwisata adalah bahwa pekerjaannya hanya sebatas liburan dan mengunjungi tempat-tempat indah, padahal sebenarnya pekerjaannya lebih fokus pada pemasaran dan promosi destinasi pariwisata.
Ekspektasi orang terkadang berpikir bahwa menjadi Marketing Executive Pariwisata akan banyak mendapat fasilitas gratis atau diskon untuk berlibur, tetapi kenyataannya mereka harus bekerja keras untuk memasarkan destinasi pariwisata dan mencapai target penjualan.
Perbedaan dengan profesi mirip seperti Tour Guide adalah bahwa Marketing Executive Pariwisata lebih fokus pada aspek pemasaran dan promosi destinasi pariwisata secara keseluruhan, sedangkan Tour Guide lebih fokus pada memberikan informasi dan membimbing wisatawan saat melakukan perjalanan.