Tugas pekerjaan marketing/penjualan produk olahraga meliputi promosi dan penjualan produk olahraga kepada konsumen.
Pekerjaan ini juga melibatkan analisis pasar, mengidentifikasi potensi konsumen, serta membuat strategi pemasaran yang efektif.
Selain itu, pekerjaan ini juga memerlukan keterampilan komunikasi yang baik untuk membangun hubungan yang baik dengan konsumen dan mencapai target penjualan.
Seorang yang aktif, energik, dan memiliki minat dalam olahraga akan cocok dengan pekerjaan marketing/penjualan produk olahraga.
Kemampuan komunikasi yang baik dan keahlian dalam membangun hubungan dengan pelanggan juga merupakan profil orang yang cocok untuk pekerjaan ini.
Jika kamu tidak memiliki minat atau pengetahuan yang cukup tentang olahraga, mungkin kamu tidak cocok dengan pekerjaan ini.
Miskonsepsi tentang profesi marketing/penjualan produk olahraga adalah bahwa pekerjaannya hanya tentang menjual barang dan mencetak keuntungan, padahal sebenarnya melibatkan riset pasar, analisis pelanggan, dan strategi pemasaran yang kompleks.
Ekspektasi umumnya adalah bahwa pekerjaan ini akan penuh dengan diskusi tentang olahraga dan aktif terlibat dalam kegiatan fisik, namun realitanya adalah bahwa lebih banyak waktu dihabiskan di dalam ruangan, bekerja di belakang layar, melakukan administrasi, dan berkoordinasi dengan tim pemasaran.
Perbedaan dengan profesi yang mirip seperti atletik atau pelatih olahraga adalah bahwa dalam profesi marketing/penjualan produk olahraga, fokus utamanya adalah menjual produk kepada konsumen, sementara dalam profesi atletik atau pelatih olahraga, fokus utamanya adalah melatih atlet dan meningkatkan performa fisik mereka.