Multimedia Matematika

  Profil Profesi

Pekerjaan di bidang multimedia matematika melibatkan penggunaan teknologi dan media digital untuk memvisualisasikan konsep dan teori matematika.

Tugas utama meliputi pembuatan animasi, video, dan infografis yang dapat memudahkan pemahaman dan pembelajaran para siswa tentang konsep-konsep matematika.

Pekerjaan ini juga melibatkan pengembangan aplikasi matematika interaktif dan desain grafis yang menarik untuk meningkatkan minat dan motivasi belajar siswa terhadap matematika.

Apa saya cocok bekerja sebagai Multimedia matematika?

Profil orang yang cocok untuk tipe pekerjaan Multimedia Matematika adalah seseorang yang memiliki pemahaman yang kuat dalam matematika, kreatif, dan mahir dalam penggunaan perangkat lunak grafis dan multimedia.

Dalam pekerjaan ini, individu juga harus mampu berpikir analitis, berkolaborasi dengan tim, dan memiliki keahlian dalam mengkomunikasikan konsep matematika secara visual.

Jika kamu tidak memiliki latar belakang atau minat dalam matematika dan tidak pandai menggunakan perangkat lunak dan alat multimedia, kemungkinan kamu tidak cocok dengan pekerjaan multimedia matematika ini.

Konsep, ekspektasi dan realita

Salah satu miskonsepsi tentang profesi Multimedia Matematika adalah ekspektasi yang tinggi terhadap kemampuan matematika yang dimiliki oleh seorang multimedia designer. Padahal, keahlian multimedia lebih fokus pada desain grafis dan pengembangan konten multimedia, bukan pada pemecahan masalah matematika yang rumit.

Realita dari profesi Multimedia Matematika adalah bahwa seorang multimedia designer menggunakan matematika sebagai alat untuk menghasilkan visualisasi yang menarik dan interaktif. Mereka tidak berfokus pada penggunaan rumus matematika yang kompleks tetapi lebih pada pengaplikasian konsep dasar matematika dalam melahirkan ide kreatif.

Perbedaan dengan profesi yang mirip, seperti ilmuwan data atau analis data, adalah bahwa Multimedia Matematika lebih berorientasi pada aspek visual dan presentasi. Mereka menggunakan matematika sebagai dasar untuk menciptakan animasi, efek visual, dan desain grafis menarik, sedangkan ilmuwan data lebih fokus pada analisis dan interpretasi data untuk mengambil keputusan yang lebih mendalam.

Jurusan Kuliah yang Mendukung

Teknik Informatika
Sistem Informasi
Desain Grafis
Teknik Elektro
Ilmu Komunikasi
Ilmu Komputer
Teknik Industri
Seni dan Desain
Psikologi
Pendidikan Matematika

Contoh perusahaan atau institusi yang membutuhkan

PT Telekomunikasi Indonesia (Telkom)
PT Bank Central Asia (BCA)
PT Astra International Tbk
PT Unilever Indonesia Tbk
PT XL Axiata Tbk
PT Sinarmas Land
PT Tokopedia
PT Bukalapak.com
PT Go-Jek Indonesia
PT Matahari Department Store Tbk