Sebagai pengembang program pengajaran matematika, tugasnya meliputi merancang, mengembangkan, dan menyusun materi pengajaran matematika yang sesuai dengan kurikulum.
Selain itu, pekerjaan ini juga melibatkan analisis kebutuhan belajar siswa dan merancang strategi pembelajaran yang efektif untuk membantu siswa memahami konsep matematika dengan baik.
Selama proses pengembangan program, pengembang ini juga berkolaborasi dengan guru dan pihak terkait lainnya untuk memastikan kualitas dan kesesuaian program pengajaran matematika dengan tujuan pembelajaran yang diinginkan.
Seorang yang cocok untuk tipe pekerjaan Pengembang Program Pengajaran Matematika adalah seseorang yang memiliki pemahaman yang kuat dalam bidang matematika dan kemampuan analisis yang baik, serta kreatif dalam merancang program pembelajaran yang inovatif.
Kandidat yang juga memiliki keahlian dalam penggunaan teknologi pendidikan dan kemampuan untuk bekerja secara kolaboratif dengan guru dan siswa akan sangat sesuai dengan pekerjaan Pengembang Program Pengajaran Matematika.
Jika Anda tidak memiliki pengetahuan yang kuat dalam matematika dan tidak memiliki minat atau kesabaran dalam mengembangkan program pengajaran, maka Anda tidak cocok untuk pekerjaan ini.
Miskonsepsi tentang profesi pengembang program pengajaran matematika adalah bahwa mereka hanya perlu menguasai matematika secara menyeluruh tanpa memerlukan pemahaman tentang proses belajar mengajar.
Ekspektasi terhadap pengembang program pengajaran matematika seringkali menganggap mereka akan langsung menciptakan program yang sempurna dan sesuai dengan kebutuhan semua siswa, padahal realitanya proses pengembangan memerlukan waktu, uji coba, dan iterasi.
Perbedaan dengan profesi yang mirip, seperti guru matematika, adalah bahwa pengembang program pengajaran matematika terlibat dalam merancang kurikulum, mengevaluasi metode pembelajaran, dan menciptakan materi pembelajaran. Sementara guru matematika lebih fokus pada pemberian pengajaran langsung kepada siswa.