Pengembang Media Pembelajaran Matematika

  Profil Profesi

Pekerjaan sebagai pengembang media pembelajaran matematika bertujuan untuk menciptakan dan mengembangkan materi pembelajaran yang menarik dan interaktif untuk siswa.

Tugas utama meliputi merancang dan mengembangkan konten pembelajaran matematika yang sesuai dengan kurikulum, menciptakan animasi dan grafis yang menarik, serta menguji dan memperbaiki media pembelajaran tersebut.

Selain itu, pekerjaan ini juga melibatkan kerjasama dengan guru matematika dan tim pengembang lainnya untuk memastikan kualitas dan keefektifan media pembelajaran yang dibuat.

Apa saya cocok bekerja sebagai Pengembang media pembelajaran matematika?

Seorang yang cocok untuk pekerjaan ini adalah seseorang yang memiliki pemahaman yang mendalam dalam bidang matematika dan teknologi informasi, serta kreatif dalam merancang media pembelajaran yang efektif.

Kemampuan komunikasi yang baik juga penting, karena pengembang ini akan bekerja sama dengan guru dan ahli pendidikan untuk menghasilkan media pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan siswa.

Jika kamu adalah seseorang yang tidak memiliki latar belakang pendidikan matematika atau tidak memiliki minat untuk belajar dan mengembangkan strategi media pembelajaran matematika yang inovatif, kemungkinan kamu tidak cocok dengan pekerjaan ini.

Konsep, ekspektasi dan realita

Miskonsepsi tentang profesi pengembang media pembelajaran matematika adalah bahwa mereka hanya perlu memiliki kemampuan teknis untuk merancang aplikasi atau perangkat lunak matematika, padahal sebenarnya mereka juga perlu memiliki pemahaman yang kuat tentang konsep-konsep matematika.

Ekspektasi tentang profesi ini adalah bahwa mereka akan dapat menciptakan media pembelajaran matematika yang sempurna dan efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa, namun realitanya mereka harus menghadapi berbagai kendala teknis, anggaran, dan perubahan kurikulum yang dapat mempengaruhi hasil akhir.

Perbedaan dengan profesi serupa, seperti guru matematika atau desainer instruksional, adalah bahwa pengembang media pembelajaran matematika lebih fokus pada merancang dan menciptakan media pembelajaran yang interaktif dan menarik, sedangkan guru matematika lebih berfokus pada pengajaran langsung di dalam kelas.

Jurusan Kuliah yang Mendukung

Pendidikan Matematika
Teknologi Pendidikan
Teknik Informatika
Multimedia
Desain Grafis
Pendidikan Teknik Informatika
Teknik Elektro
Ilmu Komunikasi
Ilmu Komputer
Sistem Informasi

Contoh perusahaan atau institusi yang membutuhkan

Ekselensia Edukasi
Zenius Education
Ruangguru
HarukaEdu
Quipper
BahanBelajar.com
Kidepedia
Kiddo.id
Samudra Production
Kelas Pintar