Pekerjaan di bidang pengendali mutu pendidikan matematika melibatkan pengawasan dan evaluasi terhadap proses pembelajaran matematika di institusi pendidikan.
Tugas utama meliputi pengumpulan dan analisis data hasil evaluasi, serta penyusunan rekomendasi dan strategi perbaikan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.
Selain itu, pekerjaan ini juga melibatkan koordinasi dengan guru dan staf pendidikan lainnya, serta kerjasama dengan pihak terkait seperti dinas pendidikan, untuk memastikan implementasi dan efektivitas program pembelajaran matematika.
Profil orang yang cocok untuk tipe pekerjaan Pengendali Mutu Pendidikan Matematika adalah seseorang yang memiliki keahlian dan pengetahuan yang mendalam dalam bidang matematika, serta mampu menganalisis dan menginterpretasikan data pendidikan matematika dengan baik.
Seorang kandidat juga harus memiliki kemampuan komunikasi yang baik dan mampu bekerja secara kolaboratif dengan guru dan staf pendidikan lainnya dalam meningkatkan mutu pendidikan matematika.
Seorang yang tidak teliti, tidak konsisten, dan tidak memiliki kemampuan analitis mungkin tidak cocok untuk menjadi seorang Pengendali Mutu Pendidikan Matematika.
Miskonsepsi tentang profesi Pengendali Mutu Pendidikan Matematika adalah bahwa pekerjaannya hanya mengurus pengelolaan kualitas pembelajaran matematika menjadi lebih baik, padahal sebenarnya tugasnya juga mencakup pengawasan dan evaluasi terhadap kurikulum, buku ajar, serta perekrutan dan pengembangan guru matematika. Ekspektasi terlalu difokuskan pada aspek pembelajaran saja.
Perbedaan dengan profesi yang mirip, seperti Pengawas Sekolah Matematika, adalah bahwa Pengendali Mutu Pendidikan Matematika lebih berfokus pada meningkatkan mutu pembelajaran matematika di tingkat institusi, seperti sekolah atau dinas pendidikan, sementara Pengawas Sekolah Matematika lebih berfokus pada upaya meningkatkan mutu pembelajaran matematika di tingkat sekolah secara langsung.
Realitanya, profesi Pengendali Mutu Pendidikan Matematika juga melibatkan analisis data dan penelitian, komunikasi dengan berbagai pihak terkait, serta pengembangan program dan strategi pembelajaran matematika yang inovatif. Profesi ini memiliki peran strategis dalam meningkatkan pemahaman dan prestasi siswa dalam matematika di tingkat institusi.